Implementasi Keterampilan Bahasa Siswa di Mi Darussalam 01 Pucangan Kartasura Sukoharjo

Main Article Content

Rizky Nur Aini

Keywords

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi keterampilan bahasa Indonesia kelas V di MI Darussalam 01 Pucangan Kartasura Sukoharjo. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif, yang dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2019/2020. Subyek dalam penelitian ini guru mata pelajaran tematik sekaligus wali kelas V, kepala sekolah, dan sebagian siswa kelas V. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber dan triangulasi metode. Analisis data menggunakan model analisis interaktif yaitu dengan langkah-langkah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan mengambil kesimpulan. Berdasarkan analisis data dari implementasi keterampilan bahasa siswa dapat disimpulkan metode yang digunakan dalam melatih keterampilan bahasa menggunakan variasi metode pembelajaran seperti metode STAD (Student Team Achievement Divisions), CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition), TAI (Team Assisted Individualization), dan bercerita.

References

Beverly, O. (2015). Perkembangan bahasa pada anak usia dini. Jakarta: Prenadamedia Group.
Dalman. (2013). Keterampilan membaca. Jakarta: Pt Raja Grafindo Persada.
Eta, K. (2011). Teaching the four language skills in primary efl classroom: Some considerations. Jakarta: Sekolah Pelangi Kasih Nasional-Plus.
Hendriani, D. (2016). Pengembangan seni budaya dan keterampilan. Yogyakarta: Ombak Tiga.
Ismawati, E., Umaya, F. (2012). Bahasa indonesia untuk penulisan karya ilmiah. Yogyakarta: Ombak Dua.
Ismawati, E., Umaya, F. (2012). Belajar bahasa di kelas awal. Yogyakarta: Ombak.
Keraf, G. (1997). Komposisi sebuah pengantar kemahiran bahasa. Jakarta: Nusa Indah.
Majid, A. (2014). Pembelajarn tematik terpadu. Bandung: PT Remaja Rosdarya.
Nafi’ah, S.A. (2018). Model-model pembelajaran bahasa indonesia: Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Naim, N. (2009). Menjadi guru inspiratif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Tarigan, H.G. (1994). Menyimak sebagai suatu keterampilan berbahasa. Bandung: Angkasa
Widjono. (2007). Bahasa indonesia mata kuliah pengembangan kepribadian di perguruan tinggi. Jakarta: PT Grasindo.
Yahya, M. (2013). Profesi tenaga kependidikan. Bandung: CV Pustaka Setia.