Upaya Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Motivasi Kerja Guru di SDIT Taqiyya Rosyida Kartasura Sukoharjo Tahun Ajaran 2019/2020

Main Article Content

Nur Istiqomah

Keywords

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui upaya kepala sekolah dalam meningkatkan motivasi kerja guru di SDIT Taqiyya Rosyida Kartasura Sukoharjo. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang dilaksanakkan pada bulan November 2019 hingga Mei 2020. Subjek dalam penelitian ini adalah Kepala Sekolah SDIT Taqiyya Rosyida Kartasura. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Uji validitas data melalui triangulasi sumber, metode dan teori. Sedangkan teknik analisis datanya menggunakan model analisis interaktif yang meliputi: pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa upaya kepala sekolah dalam meningkatkan motivasi kerja guru adalah melalui pengaturan lingkungan fisik, pengaturan suasana kerja, pemberian motivasi, pendisiplinan, pemberian penghargaan, peningkatan pengembangan pusat sumber belajar, pelatihan atau pelatihan guru secara berkala dan piknik untuk guru.

References

Abdulsalam, D., & Mawoli, M.A. (2012). Motivation and job performance of academic staff of state universities in nigeria: The case of ibrahim badamasi babangida university, lapai, niger sate. International Journal Of Business And Management, 7 (14): 142-148.
Ali, S. N. M., Harun, C. Z., & Djailani, A. R. (2015). Gaya kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru pada sd negeri lambaro angan. Jurnal Administrasi Pendidikan: Program Pascasarjana Unsyiah, 3(2):116-127.
Andari, S. (2013). Kontribusi manajemen supervise kepala sekolah, iklim organisasi, dan motivasi kerja terhadap guru SD di kecamatan wonosari, gunungkidul. Tesis. Tidak diterbitkan, Universitas Negeri Yogyakarta.
Busrin, D., Aunurrahman, A., & Aswandi, A. (2014). Supervisi Pengawas dan Kemampuan Manajerial Kepala Sekolah dengan Kinerja Guru SMP Negeri Kota Pontianak (Doctoral dissertation, Tanjungpura University).
Choir, Abu. 2013. Wajah Baru Manajemen Pendidikan. Surakarta: IAIN Surakarta.
Departemen Pendidikan Nasional. (2005). Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005, Tentang Guru dan Dosen. Jakarta: Depdiknas.
Fanani, Z., Mardapi, D., & Wuradji, W. (2014). Model asesmen kepemimpinan pembelajaran kepala sekolah pendidikan dasar. Jurnal penelitian dan evaluasi pendidikan, 18(1), 129-145.
Fitrah, M. (2017). Peran kepala sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan. Jurnal Penjaminan Mutu, 3(1), 31-42.
Hardono, H., Haryono, H., & Yusuf, A. (2017). Kepemimpinan Kepala Sekolah, Supervisi Akademik, dan Motivasi Kerja dalam Meningkatkan Kinerja Guru. Educational Management, 6(1), 26- 33.
Iskandar, U. (2013). Kepemimpinan kepala sekolah dalam peningkatan kinerja guru. Jurnal Visi Ilmu Pendidikan, 10(1).
Karweti, E. (2010). Pengaruh kemampuan manajerial kepala sekolah dan faktor yang mempengaruhi motivasi kerja terhadap kinerja guru SLB di Kabupaten Subang. Jurnal penelitian pendidikan, 11(2), 77-89.
Moleong, Lexy. J. 2017. Metodologi Pnenelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Nurhayati, S. (2014). Membangun kepemimpinan yang efektif untuk meraih keunggulan kompetitif organisasi. Jurnal Eonomi Dan Bisnis, 15 (02): 21-27.
Pramesti, D., muhyadi. 2018. Faktor-faktor yang mempenaruhi kinerja guru SMA. Harmoni social jurnal pendidikan ips, 5 (1): 43-56.
Prastowo, Andi. (2012). Metode penelitian kualitatif dalam perspektif rancangan penelitian. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.
Rahmawati, U. (2016). Upaya kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru di raudhatul athfal al khairiyah banjarsari kidul kecamatan sokaraja kabupaten banyumas tahun pelajaran 2015/2016. Thesis. IAIN Purwokerto.
Tukiyo. (2015). Motivasi dan kepuasan guru sekolah dasar di kabupaten klaten. Prosiding seminar nasional pendidikan. Universitas sebelas maret surakarta.