Hubungan Kecerdasan Emosional dengan Hasil Belajar PPKN Siswa Kelas IV MI Muhammadiyah Jabung Tahun Ajaran 2019/2020

Main Article Content

Santi Eka Pramiswari

Keywords

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis korelasi antara kecerdasan emosional dengan hasil belajar PPKn siswa kelas IV di MIM Jabung. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas IV dengan jumlah sampel 46 siswa. Intrumen yang digunakan adalah angket dan tes. Hasil penelitin diperoleh bahwa sebagian besar siswa memiliki kecerdasan emosional sedang dan sebagian besar siswa memperoleh hasil belajar sedang. Hasil uji hipotesis diperoleh hasil bahwa terdapat hubungan positif antara kecerdasan emosional dengan hasil belajar PPKn siswa kelas IV di MIM Jabung dengan koefisien korelasi sebesar 0,355 dengan kontribusi kecerdasan emosional sebesar 12,7% terhadap hasil belajar PPKn. Pentingnya kecerdasan emosional bagi siswa dapat membantu siswa mengembangkan diri mereka dalam interaksi sosial dan memberikan sifat bijaksana, kreatif an percaya diri. Oleh karena itu diperlukan kecerdasan emosional diperhatikan lebih matang

References

Daud, F. (2012). Pengaruh kecerdasan emosional (EQ) dan motivasi belajar terhadap hasil belajar biologi siswa SMA 3 Negeri kota palopo. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 19 (2): 243-255.
Goleman, D. (2003). Emitional Intelligence, alih bahasa oleh T. Hermaya. 2003. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Hamzah, B & Kuadrat, M. (2009). Mengelola kecerdasan dalam pembelajaran. Jakarta: PT. Bumi Aksara
Syarif, St. H & Munandar, H. (2017). Hubungan kecerdasan emosional dengan hasil belajar siswa kelas XI IPA SMA negeri di kota parepare pada mata pelajaran kimia. Jurnal Chemica,18 (1): 39-47.
Masnur. (2011). Pendidikan karakter: Menjawab tantangan krisis multidimensional. Jakarta: Bumi Aksara.
Meggitt, Carrolyn. (2012). Understand child development. Terjemahan oleh Agnes Theodora W. 2013. Jakarta: PT Indeks.
Saonadi, O & Suherman, A. (2010). Etika profesi keguruan. Bandung: Refika Aditama.
Purwanto. (2013). Evaluasi hasil belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Mashar, R. (2011). Emosi anak usia dini dan dtrategi pengembangannya. Jakarta: Kencana.
Yahaya, A., Bachok, N. S. E., Yahaya, N., Boon, Y., Hashim, S., & Goh, M. L. (2012). The impact of emotional intelligence element on academic achievement. Archives Des Sciences, 65(4), 2-17.