Battle of the Stores: OH! SOME vs MINISO, Explorasi Pengaruh Store Atmosphere terhadap Minat Beli Konsumen di Solo Paragon

Authors

DOI:

https://doi.org/10.22515/juebir.v3i2.10782

Keywords:

Color design, Display Toko, Minat Beli Konsumen

Abstract

Store atmosphere telah lama menjadi salah satu aspek krusial yang memengaruhi minat beli konsumen. Elemen seperti color design dan display toko memiliki peran besar dalam menciptakan pengalaman belanja yang menarik. Dengan demikian, penelitian ini dilakukan untuk mengungkap apakah color design dan display toko berpengaruh terhadap minat beli konsumen di dua ritel besar, OH! SOME yang baru hadir pada 2023 dan MINISO yang telah beroperasi sejak 2017 di Solo Paragon. Selain itu, penelitian ini juga mengkaji kemungkinan adanya perbedaan rata-rata minat beli konsumen di kedua toko. Studi ini memanfaatkan pendekatan kuantitatif. Analisis regresi linier berganda, uji F, serta uji independent samples test diterapkan untuk menguji hipotesis. Selain itu, metode non-probability sampling pada teknik purposive sampling digunakan dalam penelitian ini. Jumlah sampel yang digunakan penelitian ini berdasarkan desain causal-comparative adalah 120 sampel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa display toko memiliki pengaruh signifikan terhadap minat beli konsumen, sementara color design secara individu tidak menunjukkan pengaruh yang signifikan. Namun, secara simultan, kedua variabel ini berkontribusi dalam menciptakan daya tarik visual yang memengaruhi keputusan pembelian. Selain itu, tidak terdapat perbedaan signifikan dalam rata-rata minat beli konsumen di OH! SOME dan MINISO, menunjukkan bahwa strategi visual keduanya memiliki efektivitas yang seimbang. Penelitian ini memberikan kontribusi baru dengan menegaskan pentingnya optimalisasi display toko sebagai strategi utama dalam menarik perhatian konsumen dan mendorong minat beli, terutama dalam industri ritel yang semakin kompetitif.

Downloads

References

Aliyah, K. N. (2020). Etika Bisnis Islam dalam Implementasi Teknologi Neuromarketing pada Strategi Pemasaran. JES (Jurnal Ekonomi Syariah), 5(2). https://doi.org/10.30736/jesa.v5i2.89

Arianty, N. (2022). Monograf Store Atmosphere Pada Usaha Kuliner Untuk Meningkatkan-Minat Beli Masyarakat di Kecamatan Percut Sei Tuan Kabupaten Deli Serdang (M. F. Rambe, Ed.). UMSU PRESS.

Arifah, F. Q., & Saputri, M. E. (2018). Pengaruh Visual Merchandising Terhadap Impulse Buying (Pada Konsumen MINISO Kota Bandung). SOSIOHUMANITAS, 20(1).

Associe. (2024). Kenapa KKV Ganti Nama Jadi OH! SOME? Associe.Co.Id. https://associe.co.id/berita/kenapa-kkv-ganti-nama-jadi-oh-some/

Berger, J. (2015). Word of Mouth and Interpersonal Communition. In M. I. Norton, D. D. Rucker, & C. Lamberton (Eds.), The Cambridge Handbook of Consumer Psychology (pp. 368–397). Cambridge University Press.

Berman, B., Evans, J. R., & Chatterjee, P. (2018). Retail Management : A Strategic Approach (Thirteenth). Pearson Education.

Birren, F. (2016). Color Psykology and Color Therapy : A factual Study of The Influence of Color On Human Life. Hauraki Publishing.

Ebster, Claus., & Garaus, M. (2015). Store Design and Visual Merchandising : Creating Store Space That Encourages Buying (N. Malhotra, Ed.; 2nd ed.). Business Expert Press.

Effiyaldi, Pasaribu, J. P. K., Suratno, E., Kadar, M., Gunardi, Naibaho, R., Hati, S. K., & Aryati, V. (2022). Penerapan Uji Multikolinieritas Dalam Penelitian Manajemen Sumber Daya Manusia. JUMANAGE : Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Kewirausahaan , 1(2), 94–102. https://ejournal.unama.ac.id/index.php/jumanage

Firdausya, F. A., & Indawati, R. (2023). Perbandingan Uji Glejser Dan Uji Park Dalam Mendeteksi Heteroskedastisitas Pada Angka Kematian Ibu Di Provinsi Jawa Timur Tahun 2020. Jurnal Ners, 7(1), 793–796.

Francioni, B., Savelli, E., & Cioppi, M. (2018). Store Satisfaction and Store Loyalty: The Moderating Role of Store Atmosphere. Journal of Retailing and Consumer Services, 43, 333–341. https://doi.org/10.1016/j.jretconser.2018.05.005

Gal, D. (2015). Identity-Signaling Behavior. In M. I. Norton, D. D. Rucker, & C. Lamberton (Eds.), The Cambridge Handbook of Consumer Psychology (pp. 257–281). Cambridge University Press.

Haerani, A. (2021). Pengaruh Display Toko Dan Harga Jual Terhadap Minat Beli Konsumen Di Sbmart Gedebage Bandung. E- Jurnal Manajemen Ekonomi Dan Bisnis, 104–124.

Haller, K. (2019). The Little Book of Colour : How to Use the Psykology of Colour on Transform Your Life. Penguin Life.

Jayant, J., Malhotra, K., Alanjeri, M. A., & Mittal, I. (2021). A Case Study: Miniso. International Journal of Tourism & Hospitaly in Asia Pasific.

Khan, M. A., Vivek, Minhaj, S. M., Saifi, M. A., Alam, S., & Hasan, A. (2023). Impact of Store Design and Atmosphere on Shoppers’ Purchase Decisions: An Empirical Study with Special Reference to Delhi-NCR. Sustainability (Switzerland), 15(1).

https://doi.org/10.3390/su15010095

Kotler, P., & Armstrong, G. (2018). Principles of Marketing (L. Albelli, Ed.; 17th ed.). Pearson Education.

Levy, M., & Grewal, D. (2023). Retailing Management (8th ed.). McGraw Hill.

Mahiri, E. A. (2020). Pengaruh, Brand Image Dan Store Atmosphere Terhadap Keputusan Pembelian Pada Konsumen Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) Mart Banjaran. Coopetition : Jurnal Ilmiah Manajemen , 11(3).

Mehrabian, A., & Russel, J. A. (1974). An Appoach to Environmental Psychology. Cambrigde, MA: MIT Press.

Morgan, T. (2016). Visual Merchandising (Third). Laurence King.

Mothersbaugh, D. L., Hawkins, D. I., & Kleiser, S. B. (2020). Consumer Behavior : Building Marketing Strategy (Fourteenth). McGraw-Hill Education.

NRF. (2020). Growing Emphanis on Convenience for Today’s Consumers. National Retail Federation.

Paila, J. A., Kalangi, J. A. F., & Rogahang, J. J. (2018). Pengaruh Suasana Toko Terhadap Minat Beli Konsumen Pada UD. Sinar Anugerah Pratama Manado. Jurnal Administrasi Bisins, 6(1), 58–65.

Pasaribu, D., Situmorang, C. V., Darmayanti, N., Triyani, Y., Heningtyas, O. S., Astuti, E. B., Syamil, A., Wardhana, A., Indriani, I. K., Syarif, S. M., Amru, M., Sulaksono, H., Rachmanu, E. D., Setiawan, G., Halawa Forman, Sundari, A., & Silvera, D. L. (2023). Metodologi Penelitian Akuntansi dan Manajemen Pendekatan Kuantitatif (Y. Welly, Ed.). Media Sains Indonesia.

Peter, J. P., & Olson, J. C. (2014). Perilaku Konsumen dan Strategi Pemasaran (M. Masykur, Ed.; 9th ed.). Salemba Empat.

Ragil. (2017). 8 Bulan, Miniso Miliki 50 Gerai di Indonesia. Jpnn.Com. https://m.jpnn.com/news/8-bulan-miniso-miliki-50-gerai-di-indonesia

Rahmawati, F., & Nurhadi. (2024). The Influence of Visual Merchandising, Store Atmosphere, and Sales Promotion on Impulse Buying For KKV Consumers at The Surabaya City Galaxy Mall. Jurnal Manajemen, 15(2), 259–269. https://doi.org/10.32832/jm-uika.v15i2.16378

Rasyid, F. (2022). Metodologi Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif Teori, Metode dan Praktek. IAIN KEDIRI PERSS.

Rucker, D. D., & Galinsky, A. D. (2015). Power and Consumer Behavior. In M. I. Norton, D. D. Rucker, & C. Lamberton (Eds.), The Cambridge Handbook of Consumer Psychology (pp. 301–331). Cambridge University Pres.

Septian, A. (2023). Ngintip KKV Solo Paragon KKV Pertama di Solo. Architecrure Blog.

https://www.google.com/amp/s/asedino.com/2023/10/16/ngintip-kkv-solo-paragon-kkv-pertama-di-solo/amp/

Simanullang, S. R., Sihotang, P. M., & Suginam, S. (2023). Pengaruh Display Tata Ruang Toko terhadap Suasana Berbelanja dan Minat Beli pada Indomaret Teladan Medan dalam Tinjauan Teori Muslim Behavior. Krigan: Journal of Management and Sharia Business, 1(1), 28. https://doi.org/10.30983/krigan.v1i1.6595

Subhaktiyasa, P. G. (2024). Menentukan Populasi dan Sampel: Pendekatan Metodologi Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 9(4), 2721–2731. https://doi.org/10.29303/jipp.v9i4.2657

Townsend, C., Kaiser, U., & Schreier, M. (2015). User Design through Self-Customization. In M. I. Norton, D. D. Rucker, & C. Lamberton (Eds.), The Cambridge Handbook of Consumer Psychology (pp. 233–254). Cambridge University Press.

Usmadi. (2020). Pengujian Persyaratan Analisis (Uji Homogenitas Dan Uji Normalitas). Inovasi Pendidikan, 7(1).

Viohafeni, Z. D., & Aliyah, K. N. (2023). Pengaruh Fitur Virtual Try-On, Online Customer Review, dan Persepsi Harga Terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik Pada Aplikasi Shopee. Journal of Economics and Business Research, 2(2), 214–226.

Wardhana, A. (2024). Perilaku Konsumen Di Era Digital (M. Pradana, Ed.). EUREKA MEDIA AKSARA. https://www.researchgate.net/publication/382028726

Wasista, I. P. U. (2020). Persepsi Warna Terhadap Sisi Afeksi Konsumen Pada Produk Pada Ruang Retail. PRABANGKARA Jurnal Seni Rupa Dan Desain, 24(1), 18–23.

Yuniar, T., Halin, H., & Hildayanti, S. K. (2024). Pengaruh Emotional Marketing dan Brand Image Terhadap Proses Keputusan Pembelian Produk KKV di Palembang Indah Mall. JEMSI (Jurnal Ekonomi, Manajemen, Dan Akutansi), 10(6), 3209–3218. https://doi.org/10.35870/jemsi.v10i6.3317

Downloads

Published

2024-12-31

How to Cite

Anggraini, A. S., & Rizki Nurhidayah. (2024). Battle of the Stores: OH! SOME vs MINISO, Explorasi Pengaruh Store Atmosphere terhadap Minat Beli Konsumen di Solo Paragon. Journal of Economics and Business Research (JUEBIR), 3(2), 1–16. https://doi.org/10.22515/juebir.v3i2.10782

Citation Check