Eksistensi Laris Kartasura di Kalangan Mahasiswa: Penilaian Tiga Variabel Pendorong Keputusan Pembelian
DOI:
https://doi.org/10.22515/juebir.v3i2.10795Keywords:
Keputusan Pembelian, Persepsi Harga, Kelengkapan Produk, Citra MerekAbstract
This study aims to examine the influence of price perception, product completeness, and brand image on purchasing decisions. Each variable has several indicators, with one to two statements submitted in a questionnaire to respondents. Through data collection on the level of agreement of 105 students, the results were obtained to be analyzed using multiple linear regression techniques. Analysis of the price perception variable shows a significant influence of the variable on purchasing decisions. These results indicate that price is one of the factors that has a significant impact on students' decisions in making purchases at Laris, Kartasura. Analysis of other variables shows an influence but is not significant, namely on the product completeness and brand image variables. Both variables are tested to see how product variations in meeting heterogeneity of needs and positive brand image can be a major factor in consumer behavior in the form of purchases
Downloads
References
Agustina, W., & Purnama Sari, W. (2021). Pengaruh influencer marketing Tiktok terhadap brand image Bittersweet by Najla. Prologia, 5(2).
Alimah, N. B., & Lusia, A. (2023). Pengaruh strategi marketing mix (4P) dalam upaya meningkatkan kinerja pemasaran pada masa pandemi COVID-19 (Studi kasus pada Geffa Production Sukoharjo). Jurnal Sinar Manajemen, 10(2).
Amirullah. (2022). Perilaku konsumen dan pengambilan keputusan pembelian. Jurnal AKADEMIKA, 20(2).
Asgar, S., Razak, S., & Darwis, R. H. (2023). Adopsi ekonomi sirkular: Peran mediasi sikap dalam model TPB (Theory of Planned Behavior). Iltizam Journal of Shariah Economic Research, 8(1), 1–19.
Fajrotul Nurjamilah, S., Romadon, A. S., & Putri, S. E. (2023). Pengaruh kualitas pelayanan, kelengkapan produk dan harga terhadap keputusan pembelian pada "Kopima Aja". SOLUSI: Jurnal Ilmiah Bidang Ilmu Ekonomi, 21(1).
Firmanto, A., Arrasyid, A., Agusti, D. M., & Sanjaya, V. F. (2023). Pengaruh kualitas produk dan persepsi harga terhadap loyalitas pelanggan (Studi pada Kedai Kopi Kini Sukarame). Journal for Management Student (JFMS), 3(1).
Harjati, L., & Venesia, Y. (2015). Pengaruh kualitas layanan dan persepsi harga terhadap kepuasan pelanggan pada maskapai penerbangan Tiger Air Mandala. E-Journal WIDYA Ekonomika, 1(1).
Hidayat, R. (2016). Faktor-faktor yang mempengaruhi consumer decision making process (Studi kasus rumah makan Bebek Sinjay Madura). JIEMS Journal of Industrial Engineering & Management Systems, 9(2).
Kartika Sari, T., Wahyu Putri, I., Gunaningrat, R., & Muftiyanto, R. T. N. (2024). Pengaruh kualitas pelayanan, kelengkapan produk, dan harga terhadap minat beli konsumen di toserba Laris Kartasura. GLORY (Global Leadership Organizational Research in Management), 2(1), 47–56.
Mas’ari, A., Ihsan Hamdy, M., & Dinda Safira, M. (2019). Analisa strategi marketing mix menggunakan konsep 4P (Price, Product, Place, Promotion) pada PT. Haluan Riau. Jurnal Teknik Industri, 5(2).
Nurhadi. (2019). Manajemen strategi pemasaran bauran (Marketing Mix) perspektif ekonomi syariah. Human Falah, 6(2).
Palelu, D. R. G., Tumbuan, W. J. F. A., & Jorie, R. J. (2022). Pengaruh persepsi harga dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen Kamsia Boba di Kota Lawang. Jurnal EMBA, 10(1), 68–77.
Pandiangan, K., Masiyono, & Atmogo, Y. D. (2021). Faktor-faktor yang mempengaruhi brand equity: Brand trust, brand image, perceived quality, & brand loyalty. JIMT Jurnal Ilmu Manajemen Terapan, 2(4).
Ponto, C. R. I., Kalangi, J. A. F., & Aseloei, S. (2023). Pengaruh brand ambassador dan brand image terhadap keputusan pembelian produk skincare Garnier pada mahasiswa S1 Universitas Sam Ratulangi. Productivity, 4(5).
Pratama, I. P. D. D., Anggraini, N. P. N., & Setiawan Jodi, I. W. G. A. (2024). Pengaruh brand image, promosi, dan persepsi harga terhadap keputusan pembelian masyarakat Klungkung dalam era digital menggunakan aplikasi GrabFood. VALUES, 5(1).
Rachman, A., Yochanan, E., Samanlangi, A. I., & Purnomo, H. (2024). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan R&D. Saba Jaya Publisher.
Rozali, M., Fahleti, W. H., & Dewi, S. (2024). Pengaruh persepsi harga, kualitas produk dan kepercayaan terhadap niat beli smartphone bekas pada konter handphone Sarang Repair di Kota Bangun. Jurnal Ekonomi Manajemen dan Bisnis, 7(2).
Setiawan, R., & Surjaatmadja, S. (2021). Pengaruh brand image, kualitas produk, persepsi harga terhadap keputusan pembelian Honda “Scoopy” di Kota Tangerang. PROSIDING BIEMA Business Management, Economic, and Accounting National Seminar, 2, 1070–1079.
Silviah, S., Lutfianti, W. H., & Firmansyah, R. (2022). Analisis pengambilan keputusan konsumen dalam membeli produk online pada e-marketplace di Indonesia. Performa: Jurnal Manajemen dan Start-Up Bisnis, 7(6).
Sjahruddin, H., Nugroho, A. P., Litamahuputty, J. V., & Agustina, W. (2023). Theory of Planned Behavior terhadap niat investasi dengan literasi keuangan sebagai moderasi. Edunomika, 7(2).
Wahdini, A., & Setyobudi, W. T. (2022). Geliat orang tua siswa sekolah internasional: Analisis consumer decision making process sekolah internasional di Bekasi. Journal of Law, Administration, and Social Science, 2(2).