Pengaruh Digitalisasi, Literasi Keuangan, dan Persepsi Risiko Terhadap Keputusan Investasi

Main Article Content

Cherina Pancha Resyita
Rahmawati Khoiriyah

Keywords

Abstract

This research aims to examine the influence of digitalization, financial literacy and risk perception on investment decision making. This research is a type of quantitative research that obtains primary data by distributing questionnaires. The population in this study were students from the Faculty of Economics and Islamic Business, Raden  Mas Said State Islamic University, Surakarta who had made investment. The sample in this research was selected using a non-probability method in the form of a purposive sampling technique. The samples used in this study amounted to 100 samples.. Data analysis was carried out using multiple linear regression analysis supported by the IBM Statistics SPSS 23 program. The research results show that there is a significant influence.

References

Azeis, T. A., & Aliyah, K. N. (2023). Analisis faktor – faktor yang mempengaruhi kepuasan pengguna aplikasi mobile IPOT. 2(1), 39–47. https://doi.org/https://doi.org/10.22515/juebir.v2i1.7298

Brannen. (2022). Literasi Keuangan Berbasis Digital Investment Sebagai Upaya Mitigasi Risiko Investasi Bagi Mahasiswa. Jurnal Mirai Management, 7(3), 67–81.

Dewi, N. N. S. R. T., Adnantara, K. F., & Asana, G. H. S. (2018). Modal Investasi Awal Dan Persepsi Risiko Dalam Keputusan Berinvestasi. Jurnal Ilmiah Akuntansi, 2(2), 173–190. https://doi.org/10.23887/jia.v2i2.15636

Dwiyantono, T. N. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga dan Lokasi Terhadap Kepuasan Konsumen. Journal of Chemical Information and Modeling, 8(9), 1689–1699.

Eka Putra, A. S. (2021). Pengaruh Kompetensi Dan Integritas Terhadap Kinerja Perangkat Desa. JESS (Journal of Education on Social Science), 5(1), 24. https://doi.org/10.24036/jess.v5i1.314

Fadila, N., Goso, G., Hamid, R. S., & Ukkas, I. (2022). Pengaruh Literasi Keuangan, Financial Technology, Persepsi Risiko, dan Locus of Control Terhadap Keputusan Investasi Pengusaha Muda. Owner, 6(2), 1633–1643. https://doi.org/10.33395/owner.v6i2.789

Fitriyah, H. N. (2023). Pengaruh Pengetahuan Keuangan, Transparansi Informasi Dan Influencer Sosial Media Terhadap Keputusan Gen Z Melakukan Investasi Reksadana Dengan Fomo Sebagai Variabel Moderate (Studi Kasus Surakarta). Triwikrama: Jurnal Ilmu Sosial, 01(08), 30–41.

Hari Purnama, Se, M. (2020). Peranan CSR dalam Memediasi Pengaruh Digitalisasi , Terhadap Nilai Perusahaan ( Studi Pada Perusahaan Farmasi Di Bei Periode 2016-2020 ). MEDIKONIS: Jurnal Media Komunikasi Dan Bisnis, 13(1), 29–40.

Hidayat, V. E., & Pamungkas, A. S. (2022). Pengaruh Literasi Keuangan, Persepsi Risiko, dan Toleransi Risiko terhadap Keputusan Investasi pada Saham. Jurnal Manajerial Dan Kewirausahaan, 4(3), 767–776. https://doi.org/10.24912/jmk.v4i3.19771

Ladamay, A. Z. F., Supriyanto, T., & Nugraheni, S. (2021). Pengaruh Media Sosial, Literasi Keuangan, Risiko, Imbal Hasil, dan Religiusitas Terhadap Minat Berinvestasi Sukuk Generasi Z di Jakarta. Islamic Economics Journal, 7(2), 161. https://doi.org/10.21111/iej.v7i2.6552

Lailatul, E., & Dwiridotjahjono, J. (2023). PENGARUH LITERASI KEUANGAN , LIFE STYLE , FINANCIAL ATTITUDE DAN SELF-CONTROL TERHADAP FINANCIAL MANAGEMENT BEHAVIOR Emilia Lailatul Maghfiroh 1 , Jojok Dwiridotjahjono Prodi Administrasi Bisnis , Fakultas Ilmu Sosial dan Politik UPN “ Veteran ” Jawa Timu. 7(1), 99–114.

Made Yusmini, N., Putu, N., Dewi, Y. T., Gusti, N., Rahmadewi, A. P., Ekonomi, F., & Bisnis, D. (2023). Analisis Pengaruh Edukasi Pasar Modal Dan Media Sosial Terhadap Keputusan Investasi Pada Generasi Millenial Di Provinsi Bali (Studi Kasus Pada Mahasiswa Universitas Mahendradatta). Jurnal Ilmu Manajemen Dan Akutansi, 11(1), 39.

Maulidina, H. (2019). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Generasi Millenial Dalam Berinvestasi Saham Di Platform Digital Pada Era Digitalisasi. Prosiding Capital Market Competition, 2, 1–13.

Muhammad Panji Wicaksono, & Wafiroh, N. L. (2022). Analisis Pengaruh Literasi Keuangan Dan Sosial Media Edukasi Saham Terhadap Keputusan Investasi (Studi Kasus Pada Mahasiswa Kota Malang). Jurnal Sosial Ekonomi Dan Humaniora, 8(2), 200–206. https://doi.org/10.29303/jseh.v8i2.57

Pane, D. H., & Purba, T. (2020). Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan Dan Kepercayaan Konsumen Terhadap Minat Beli Di Situs E-Commerce Bukalapak. Jurnal Ilmiah Kohesi, 4(3), 149–155.

Ratnawati, Sudarmiatin, Soetjipto, B. E., & Restuningdiah, N. (2022). the Role of Financial Behavior As a Mediator of the Influence of Financial Literacy and Financial Attitudes on Msmes Investment Decisions in Indonesia. Journal of Social Economics Research, 9(4), 193–203. https://doi.org/10.18488/35.v9i4.3231

Sanaky, M. M. (2021). Analisis Faktor-Faktor Keterlambatan Pada Proyek Pembangunan Gedung Asrama Man 1 Tulehu Maluku Tengah. Jurnal Simetrik, 11(1), 432–439. https://doi.org/10.31959/js.v11i1.615

Sari, N. R., & Listiadi, A. (2021). Pengaruh Literasi Keuangan, Pendidikan Keuangan di Keluarga, Uang Saku terhadap Perilaku Pengelolaan Keuangan dengan Financial Self-Efficacy sebagai Variabel Intervening. Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK), 9(1), 58–70. https://doi.org/10.26740/jpak.v9n1.p58-70

Setiawan, M. H., Komarudin, R., & Kholifah, D. N. (2022). Pengaruh Kepercayaan, Tampilan Dan Promosi Terhadap Keputusan Pemilihan Aplikasi Marketplace. Jurnal Infortech, 4(2), 141.

Siswoyo, R. R., Supaino, & Agus, R. (2022). Pengaruh digitalisasi, motivasi dan literasi keuangan syariah terhadap keputusan berinvestasi tabungan emas di pegadaian. Jurnal Keuangan Dan Perbankan Syariah, 2(1), 653–662.
Sujarwo, A., Kom, S., & Si, M. (2023). Investasi Digital: Faktor Penentu dalam Keputusan Investasi. JURNAL INFOKAM, 19.

Susetyo, D. P., & Firmansyah, D. (2022). Literasi Ekonomi, Literasi Keuangan, Literasi Digital dan Perilaku Keuangan di Era Ekonomi Digital. Economics and Digital Business Review, 4(1), 261–279.

Triana, O. F., & Yudiantoro, D. (2022). Pengaruh Literasi Keuangan, Pengetahuan Investasi, dan Motivasi Terhadap Keputusan Berinvestasi Mahasiswa di Pasar Modal Syariah. SERAMBI: Jurnal Ekonomi Manajemen Dan Bisnis Islam, 4(1), 21–32. https://doi.org/10.36407/serambi.v4i1.517

Tumewu, F. (2019). Minat Investor Muda Untuk Berinvestasi Di Pasar Modal Melalui Teknologi Fintech. JMBI UNSRAT (Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis Dan Inovasi Universitas Sam Ratulangi)., 6(2), 133–145. https://doi.org/10.35794/jmbi.v6i2.26170

Wardani, D. K., & . S. (2020). Pengaruh Sosialisasi Pasar Modal dan Persepsi atas Risiko terhadap Minat Investasi Mahasiswa di Pasar Modal. Jurnal Akuntansi Maranatha, 12(1), 13–22. https://doi.org/10.28932/jam.v12i1.2044

Wen, H., Zhong, Q., & Lee, C.-C. (2022). Digitalization, competition strategy and corporate innovation: Evidence from Chinese manufacturing listed companies. International Review of Financial Analysis, 82, 102166. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.irfa.2022.102166

Yelvita, F. S. (2022). Pengaruh Literasi Keuangan, Toleransi Risiko dan Persepsi Risiko Terhadap Keputusan Investasi Pegawai di Bandar Lampung. Jurnal Bisnis, Manajemen, Dan Keuangan, 3(8.5.2017), 2003–2005.