Pengaruh Pelayanan dan Produk Tabungan Bagi Hasil Terhadap Keputusan Menabung Pada BSI KC Kartasura

Main Article Content

Talitha Dwi Rudiatna
Mufti Arief Arfiansyah

Keywords

Kualitas Pelayanan, Bagi hasil, keputusan menabung

Abstract

Customer experience can have an impact on decisions taken by consumers when using services in the banking sector. One of the impacts can be the quality of service and product sharing. This analysis is useful for knowing the influence of service quality and profit-sharing savings products on customers' decisions to save at Bank Syariah Indonesia Kartasura branch office. This research uses a questionnaire survey method approach to obtain data from 210 respondents to BSI savings customers by distributing questionnaires on a Likert scale. Analysis techniques use Validity Test, Reliability Test, Normality Test, Heteroscedasticity Test, Multicollinearity Test, Multiple Regression Analysis Test (t, F Test, and Coefficient of Determination). The research results show that service quality can have a positive influence on customers' savings decisions at Bank Syariah Indonesia Kartasura Branch Office. Profit sharing savings products also have a very significant influence on customers' savings decisions at Bank Syariah Indonesia Kartasura Branch Office

References

Abu, A.K., Mais, R.G. and Muchlis, S. (2015) ‘Pengaruh Kualitas Pelayanan , Kualitas Produk , Dan Tingkat Bagi Hasil Terhadap Kepuasan Anggota Koperasi Simpan Pinjam Pembiayaan Syariah’.

Ahmad Zikri, M.I.H. (2022) ‘Analisis Kualitas Pelayanan Pengiriman Barang terhadap Kepuasan Konsumen pada PT Pos Indonesia Regional I Sumatera’, Jurnal Ilmu Komputer, Ekonomi dan Manajemen (JIKEM), 1(1), pp. 129–138.

Almas Azhar, I., Suprapto, R. and Fuad, N.A. (2023) ‘Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Bagi Hasil Terhadap Keputusan Menabung Pada Nasabah Di Bank Syariah Indonesia Cabang Rogojampi’, JPSDa: Jurnal Perbankan Syariah Darussalam, 3(1), pp. 61–73. Available at: https://doi.org/10.30739/jpsda.v3i1.1943.

Apriliana, A. and Sukaris, S. (2022) ‘Analisa Kualitas Layanan Pada Cv. Singoyudho Nusantara’, Jurnal Maneksi, 11(2), pp. 498–504. Available at: https://doi.org/10.31959/jm.v11i2.1246.

Arianti, D.W. and Ishak, K. (2020) ‘Pengaruh Sistem Bagi Hasil Deposito Terhadap Persepsi Nasabah’, JPS (Jurnal Perbankan Syariah), 1(2), pp. 170–179. Available at: https://doi.org/10.46367/jps.v1i2.237.

Beni, Meriyati, C. (2021) ‘Bagi Hasil Pada Pembiayaan Mudharabah Di Pt Bprs Al-Falah Banyuasin Tahun 2021’, pp. 159–170.

Eddy Soegiarto K dan Mardiana, M. (2016). Studi Tentang Perilaku Konsumen Beserta Implikasinya Terhadap Keputusan Pembelian Totok. Jurnal Ekonomi Modernisasi, 5(3), pp. 298–312.

Efi Endang Dwi Setyorini (2021) ‘Pengaruh Pelayanan Dan Produk Tabungan Bagi Hasil Terhadap Keputusan Menabung Pada Bank Syariah Mandiri Cabang Pasuruan’, An-Nisbah: Jurnal Perbankan Syariah, 2(2), pp. 168–176. Available at: https://doi.org/10.51339/nisbah.v2i2.287.

Faqih, F. Al (2020) ‘Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Bagi Hasil Terhadap Minat Menabung Nasabah Pada Tabungan Marhamah Pt Bank Sumut Kcp Syariah Karya’, Al-Infaq: Jurnal Ekonomi Islam, 11(1), p. 22. Available at: https://doi.org/10.32507/ajei.v11i1.506.

Hastuti, T. (2013). Kualitas Pelayanan Dan Pola Bagi Hasil Terhadap Kepuasan Nasabah Penyimpan Pada Bank Syariah. Tuti Hastuti FE Universitas Widyagama Malang’, 2(April), pp. 58–69.

Hidayat, F. (2023) ‘Pengaruh Prosedur Pembiayaan, Kualitas Pelayanan dan Tingkat Bagi Hasil terhadap Keputusan Pengambilan Pembiayaan Mudharabah pada Bank Syariah Indonesia Jambi’, Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 4(2), pp. 675–690. Available at: https://doi.org/10.38035/jmpis.v4i2.1639.

Imam, P. (2016) Islamic banking: Good for growth?

Kusumawati, A. dan Y.T. (2021) ‘Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Sistem Bagi Hasil Terhadap Keputusan Nasabah dalam Memilih BAnk Syariah Mandiri di Samarinda’, Borneo Student Research, 2(2), pp. 1446–1459.

Muhammad (2004) Teknik perhitungan bagi hasil dan profit margin pada bank Syariah.

Prihartini, E. (2020) ‘Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Bagi Hasil Terhadap Kepuasan Nasabah’, Jurnal Co Management, 2(2), pp. 289–299. Available at: https://doi.org/10.32670/comanagement.v2i2.122.

Raihanah Daulay (2012) ‘Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Bagi Hasil Terhadap Keputusan Menabung Nasabah Pada Bank Mandiri Syariah Di Kota Medan Raihanah’, pp. 1–15.

Santoso, J.B. (2019) ‘Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, dan Harga terhadap Kepuasan dan Loyalitas Konsumen’, Jurnal Akuntansi dan Manajemen, 16(01), pp. 127–146. Available at: https://doi.org/10.36406/jam.v16i01.271.

Sedana, I.G.N. and Wijaya, S.W. (2012) ‘Penerapan Model Utaut Untuk Memahami Penerimaan Dan Penggunaan Learning Management System Studi Kasus: Experential E-Learning of Sanata Dharma University’, Jurnal Sistem Informasi, 5(2), p. 114. Available at: https://doi.org/10.21609/jsi.v5i2.271.

Wahyuni, S. (2017) ‘Pengaruh Persepsi Kualitas Pelayanan Dan Bagi Hasil Terhadap Minat Masyarakat Menjadi Nasabah Bank Syari’ah’.

Yusuf, R. and Rangkuti, M.S. (2023) ‘Pengaruh Kualitas Pelayanan , Bagi Hasil & Pengetahuan Produk Terhadap Keputusan Nasabah Menabung Pada Bank Aceh Syariah Kota Langsa’, Jurnal Pendidikan, Sains, dan Humaniora, 11(1), pp. 68–77.