Analisis Pengaruh Pengetahuan Produk, Reputasi, Dan Pelayanan Terhadap Keputusan Mahasiswa Menjadi Nasabah Bank Syariah

Main Article Content

Syarif Maulana
Najib Farhani

Keywords

Reputasi, Pelayanan, Bank Syariah, Pengetahuan Produk

Abstract





Minat mahasiswa untuk menjadi nasabah bank syariah saat ini masi sangat kecil karena tidak setiap instasi mempelajari tentang literasi keuangan syariah. Reputasi bank syariah juga belum terlalu popular karena rata-rata mahasiswa masih memilih menggunakan bank konvensional untuk proses transaksi sehari hari. Dari mulai membeli produk online shop dan kegiatan transaksi lainnya. Pelayanan bank syariah juga belum dilakukan secara maksimal. Contohnya pada menu mobile bank masi terkesan rumit dan banyak tambahan tampilan yang tidak perlu. Penelitian berikut dilaksanakan dalam rangka melakukan analisis pengaruh pengetahuan produk, reputasi, dan pelayanan terhadap keputusan mahasiswa untuk mendaftar sebagai nasabah Bank Syariah. Penelitian berikut dilaksanakan dengan metode kuantitatif. Data penelitian dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner. Sampel dikumpulkan dengan teknik random sampling dengan jumlah 124 orang. Data terkumpul kemudian dianalisis menggunakan regresi linier berganda, uji asumsi klasik, serta uji t dan uji F untuk membuktikan hipotesis. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa pengetahuan produk tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap keputusan mahasiswa menjadi nasabah bank syariah dengan nilai signifikasi 0,804 > 0,05, reputasi dan pelayanan berpengaruh signifikan terhadap keputusan mahasiswa menjadi nasabah bank syariah dengan nilai signifikasi 0,000 < 0,05. Sedangkan pengetahuan produk, reputasi, dan pelayanan secara simultan memiliki pengaruh yang singnifikan terhadap keputusan mahasiswa untuk mendaftar sebagai nasabah Bank Syariah dengan skor yang didapatkan 0.000.





References

Afrillia, W., Fauzi, A., Rambe, D., Anggraeni, T., Ambarwati, N. R., & Febrian, H. (2022). Pengaruh Strategi Pemasaran dan Kualitas Layanan Terhadap Keputusan Nasabah Pada Bank Syariah. Jurnal Portofolio: Jurnal Manajemen Dan Bsinis, 1(3), 212–218.

Cahyani, P. D. (2016). Tingkat Kepuasan Nasabah Terhadap Kualitas Layanan Perbankan Syariah di Yogyakarta. Esensi, 6(2), 151–162. https://doi.org/10.15408/ess.v6i2.3570

Darmiwati, D., Arsa, A., & Orinaldi, M. (2023). Pengaruh Produk Dan Pelayanan Terhadap Keputusan Anggota Menggunakan Jasa BMT (Baitul Maal Wa Tamwil) Bina Insan Sejahtera Di Kota Jambi. Jurnal of Management …, 1(2). https://jurnal.aksaraglobal.co.id/index.php/jmsc/article/view/178%0Ahttps://jurnal.aksaraglobal.co.id/index.php/jmsc/article/download/178/164

Fathudin, Muhajir, & Inayah, A. U. (2021). Fakor Pelayanan, Promosi dan Reputasi terhadap Minat Nasabah Menggunakan Produk Tabungan Haji pada BRI Syariah KCP Magelang. Al-Bayan: Hukm Dan Ekonomi Islam, 2(2), 2746–6469.

Ghozali, M. (2021). Faktor Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk Dan Margin Terhadap Minat Nasabah Pembiayaan Murabahah Di Bank Syariah. Dimasejati: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 65. https://doi.org/10.24235/dimasejati.v3i1.8566

Pascasarjana, L. A., Syariah, K., Teknologi, I., Bisnis, D., & Dahlan Jakarta, A. (2021). Analisis Faktor-faktor yang Berpengagruh Terhadap Keputusan Nasabah Memilih Bank Syariah. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 7(03), 1366–1371. http://jurnal.stie-aas.ac.id/index.php/jie

Prof. Dr. Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif Dan Kualitatif Serta R&D. In Alfabeta, CV (Issue April).

Riza, A., Hakim, L., & Eliana, E. (2021). Analisis Pengaruh Pengetahuan, Kepribadian, dan Reputasi Terhadap Keputusan Masyarakat Memilih Bank Syariah di Banda Aceh. Jurnal EMT KITA, 5(1), 19. https://doi.org/10.35870/emt.v5i1.324

Rofiqo, A., Addinata, V. H., & Sari, D. N. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas dengan Kepercayaan dan Kepuasan Sebagai Variabel Mediator Bank Syariah di Ponorogo. Etihad: Journal of Islamic Banking and Finance, 1(1), 1–11. https://doi.org/10.21154/etihad.v1i1.2732

Rusdianto, H., & Ibrahim, C. (2017). Pengaruh Produk Bank Syariah Terhadap Minat Menabung Dengan Persepsi Masyarakat Sebagai Variabel Moderating Di Pati. Equilibrium: Jurnal Ekonomi Syariah, 4(1), 43. https://doi.org/10.21043/equilibrium.v4i1.1837

Samsu Karim Sormin, Muhammad Vikri Ardiasnsyah, M. bin D. (2023). Kurangnya Nasabah Di Bank Syariah Dibandingkan Bank Konvensional 1. 2, 1080–1086.

Sofyan, A Syathir, W. (2021). Pengaruh Pengetahuan Religiussitas Kualitas Pelayanan Dan Promosi Terhadap Minat Menabung Masyarakat Di Bank Syariah Indonesia KCP Sidrap. Ekonomi Islam, 1(3), 17–44.

TAJUDIN, M. H., & MULAZID, A. S. (2017). Pengaruh Promosi, Kepercayaan Dan Kesadaran Merek Terhadap Keputusan Nasabah Menggunakan Produk Tabungan Haji (Mabrur) Bank Syariah Mandiri Kcp. Sawangan Kota Depok. ISLAMICONOMIC: Jurnal Ekonomi Islam, 8(1), 19–46. https://doi.org/10.32678/ijei.v8i1.64

Taufiqurokhman dan Evi, S. (2018). Teori dan Perkembangan Manajemen Pelayanan Publik, UMK Press, Tangerang Selatan. August.
Wijaya, H., Beik, I. S., & Sartono, B. (2017). Pengaruh Kualitas Layanan Perbankan Terhadap Kepuasan dan Loyalitas Nasabah Bank
Syariah XYZ di Jakarta. Jurnal Aplikasi Bisnis Dan Manajemen, 3(3), 417–426. https://doi.org/10.17358/jabm.3.3.417

Yusuf, M., & Asytuti, R. (2022). Pengaruh Tingkat Literasi Keuangan Syariah Terhadap Kinerja Pemasaran Bank Umum Syariah Guna Optimalisasi Kepercayaan Nasabah. Velocity: Journal of Sharia Finance and Banking, 2(1), 45–52. https://doi.org/10.28918/velocity.v2i1.4642

Zulkarnain, R., Taufik, H., & David Ramdansyah, A. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kualitas Produk terhadap Loyalitas Nasabah dengan Kepuasan Nasabah sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus Pada PT Bank Syariah Mu’amalah Cilegon). Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 1–24.