Analisis Pengaruh Kepercayaan, Brand Ambassador dan Review Online Terhadap Niat Pembelian Ulang Pada Situs Tokopedia di Kabupaten Klaten
DOI:
https://doi.org/10.22515/juebir.v3i2.9412Keywords:
Kepercayaan, Brand Ambassador, Review Online, Niat Pembelian UlangAbstract
This research aims to determine the influence of trust, brand ambassadors and online reviews on repurchase intentions on the Tokopedia site in Klaten Regency. The population in this research is Tokopedia application users in Klaten Regency. The sampling technique in this research used non-probability sampling, with the type of sampling used being pursive sampling with a sample size of 96 respondents. The variables used in this research consist of two types of variables, namely independent (X) and dependent variables (Y). The independent variables in this research are trust, brand ambassadors, and online reviews. Meanwhile, the dependent variable used is repurchase intention. The data analysis method used is the multiple linear regression analysis method. Data processing uses the IBM SPSS Statistics application. The research results show that the variables of trust and online reviews have a positive and significant effect on repurchase intentions on the Tokopedia site in Klaten Regency. Meanwhile, the brand ambassador variable has no significant effect on repurchase intentions on the Tokopedia site in Klaten Regency.
Downloads
References
Angela, Veronica & Setianingsih, Rita Eka. (2021). Pengaruh Brand Ambassador dan Brand Image Terhadap Niat Pembelian Ulang Konsumen pada Marketplace Tokopedia di DKI Jakarta. Institut Bisnis dan Informatika Kwik Kian Gie.
Ardianto, Khowin dkk. (2020). Pengaruh Kepercayaan dan Ulasan Produk Terhadap Minat Beli Ulang Emina pada Official Store Shopee di Kota Surabaya. Jurnal Ilmiah Manajemen Ubhara, 2(2), 62-75.
Azka, Nabila Adillati. (2023). Pengaruh Brand Ambassador, Layanan Cash On Delivery, Dan Online Customer Review Terhadap Keputusan Pembelian Situs Shopee Generasi Z Di Kota Surakarta. Jurnal Visi Manajemen, 9(2), 25-35.
Chan, Syahrul Alim Van. (2019). Pengaruh Orientasi Belanja, Kepercayaan Online, Dan Pengalaman Pembelian Online Sebelumnya Terhadap Minat Pembelian Ulang Online Pelanggan Di Tokopedia. Prosiding Konferensi Ilmiah Mahasiswa Unissula (KIMU) 2, diakses dari Universitas Islam Sultan Agung Semarang, 18 Oktober 2019.
Fathia & Jokhu. (2023). The Influence of Brand Ambassador and Product Quality Toward Repurcase Intention Mediated by Customer Satisfaction of Lemonilo Brand Instant Noodle Product.
Hendayana, Yayan & Afifah, Ni’matul. (2020). Pengaruh Brand Ambassador dan Korean Wave Terhadap Minat Belanja Online melalui Marketplace Tokopedia. KINERJA Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 3(1), 32-46.
Jasmalinda. (2021). Pengaruh Citra Merek dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian Asosiasi Digital Marketing Indonesia. (2020). 10 Kategori Produk Terlaris Shopee. https://digimind.id/10-kategori-produk-terlaris-shopee/
Kompas. (2022). Nilai Transaksi E-Commerce Indonesia Capai Rp 108,54 Triliun di Kuartal I-2022. https://money.kompas.com/read/2022/08/03/211200826/nilai-transaksi-e-commerce-indonesia-capai-rp-108-54-triliun-di-kuartal-i-2022?page=all
Kusumatrisna, Adam Luthfi dkk. (2021). Statistik E-Commerce 2021. Jakarta: Badan Pusat Statistik.
Lailiya, Nisfatul. (2020). Pengaruh Brand Ambassador dan Kepercayaan Terhadap Keputusan Pembelian di Tokopedia. IQTISHADequity, 2(2), 113-126.
Lita & Auliya. (2019). Pengaruh Review Online, Kepercayaan pada Web, Keamanan Bertransaksi Online, dan Privasi Terhadap Niat Pembelian Ulang pada Toko Online Lazada. Jurnal EBBANK, 10(1), 17-28.
Marketeers. (2019). LPEM FEB UI: Tokopedia Berpengaruh Besar pada Perekonomian Indonesia. https://www.marketeers.com/lpem-feb-iu-tokopedia-berpengaruh-besar-pada-perekonomian-indonesia/
Mulyati, Yofina & Gesitera, Grace. (2020). Pengaruh Online Customer Review Terhadap Purchase Intention dengan Trust sebagai Intervening pada Toko Online Bukalapak di Kota Padang. Jurnal Maksipreneur, 9(2), 173-194.
Putra, I. B Panca & Kusumadewi, Ni Made Wulandari. (2019). Pengaruh Inovasi Produk Terhadap Niat Pembelian Ulang Dimediasi Oleh Kepuasan Konsumen. E-Jurnal Manajemen, 8(8), 4983-5006.
Sari, Pempy Emita & Suryadi, Nanang (2021). Pengaruh Sales Promotion dan Online Review Terhadap Repurchase Intention Selama Masa Pandemi Covid-19 Pada Pengguna Aplikasi Belanja Online Shopee.
Sterie, W.G., Massie, J.D.D., & Soepono, D. (2019). Pengaruh Brand Ambassador dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Produk PT Telesindo Shop sebagai Distributor Utama Telkomsel di Manado. Jurnal EMBA, 7(4), 3139-3148.
Viohafeni, Z. D., & Aliyah, K. N. (2023). Pengaruh Fitur Virtual Try-On, Online Customer Review, dan Persepsi Harga Terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik Pada Aplikasi Shopee. Journal of Economics and Business Research, 2(2), 214–226.
Watu, Maria Dwisakti Nettilin dkk. (2021). Peran Mediasi Kepercayaan Pada Pengaruh Kualitas Website dan E-Wom Terhadap Minat Beli Ulang Di Tokopedia Oleh Konsumen Online Generasi Milenial Di Daerah Istimewa Yogyakarta. SEMNASIF 2021, 337-351.
Wiratama, Jeremy Iron dkk. (2021). Price, Service Quality and Trust on Tokopedia Towards Customer Satisfaction. Enrichment: Journal of Management, 12(1), 590-596.
Yoeliastuti, Darlin, E., & Sugiyanto, E . (2021). Pengaruh Citra Merek, Harga dan Promosi terhadap Keputusan Pembelian melalui Aplikasi Penjualan Online Shopee. Jurnal Lentera Bisnis, 10(2), 212-223.
Yolandari, Ni Luh Dian & Kusumadewi, Ni Made Wulandari. (2018). Pengaruh Pengalaman Pelanggan dan Kepercayaan Terhadap Niat Beli Ulang Secara Online Melalui Kepuasan Pelanggan (Studi Pada Situs Online Berrybenka.com). E-Jurnal Manajemen Unud, 7(10), 5343-5378.