Hubungan Kualitas Komunikasi Guru Dan Siswa Dengan Motivasi Belajar Matematika

Main Article Content

qomsi atun munawaroh

Keywords

Komunikasi, Motivasi Belajar, Madrasah Ibtidaiyah

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya hubungan antara kualitas komunikasi guru dan siswa dengan motivasi belajar matematika siswa MI. Metode penelitian yang digunakan kuantitatif korelasional, dan dilaksanakan di MI Muhammadiyah Potronayan 1 Nogosari Boyolali di mulai bulan Oktober 2020 sampai maret 2021. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas tinggi di MI         Muhammadiyah se- Kecamatan Nogosari Boyolali. Pengambilan sampel dengan teknik cluster sampling sebanyak 63 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Berdasarkan hasil penelitian: Tingkat kualitas komunikasi guru dan siswa termasuk kedalam kategori baik yaitu sebesar 68,25%. Motivasi belajar matematika siswa kelas tinggi berada dalam kategori sedang yaitu sebesar 61,90%.  Berdasarkan perhitungan nilai koefisien determinasi (R2) sebesar 17,8%. Hasil uji korelasi dengan r hitung = 0,422, r tabel = 0,244, maka diperoleh r hitung > r tabel, yang menunjukkan terdapat hubungan yang positif antara kualitas komunikasi guru dan siswa dengan motivasi belajar matematika

References

Daryanto. (2013). Standard kompetensi dan penilaian kinerja guru profesional. Yogyakarta: Gava Media
Dirgibson Siagian dan Sugiyarto. (2000). Metode statistika untuk bisnis dan ekonomi. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Kompri. (2017). Belajar faktor-faktor yang mempengaruhinya.Yogyakarta: Media Akademi.
Lanani, K. (2013). Belajar berkomunikasi dan komunikasi untuk belajar dalam pembelajaran matematika. Infinity Journal, 2(1), 13-25
Lasompo, N., & Nadjamuddin, A. (2020). Pengaruh komunikasi antara guru dan siswa terhadap motivasi belajar siswa kelas v di sdn 1 paku kecamatan bolangitan barat. Educator (directory of elementary education journal), 1(1), 22-34.
Lestari, W. (2017). Pengaruh kemampuan awal matematika dan motivasi belajar terhadap hasil belajar matematika. Jurnal Analisa, 3(1), 76-84
Muhammad Fathurrohman dan Sulistyorini. (2012). Belajar pembelajaran meningkatkan mutu pembelajaran sesuai standar nasional. Yogyakarta: Teras.
Onibala, T., Mingkid, E., & Kalesaran, E. R. (2019). Pola Komunikasi Guru Dalam Mendidik Anak Autis Di Agca Center Pumorow Manado. ACTA DIURNA KOMUNIKASI, 8(2)
Prapanca, T. (2012). Minat siswa kelas IX terhadap mata pelajaran tata boga di SMA N 1 Temon. Skripsi. Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta.
Pratama, R. A. (2017). Kualitas komunikasi interpersonal dosen dan motivasi mahasiswa dalam menulis skripsi. Inter komunika, 2(2), 114-122.
Setyanto, A. (2017). Interaksi dan komunikasi efektif belajar-mengajar. Yogyakarta: DIVA Press (Anggota IKAPI)
Sucia, V. (2017). Pengaruh gaya komunikasi guru terhadap motivasi belajar siswa. Komuniti: Jurnal Komunikasi Dan Teknologi Informasi, 8(5), 112-126.
Ridwan Abdullah Sani. (2016). Inovasi Pembelajaran. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Rofingah, N., & Mahpur, M. (2018). Efektifitas komunikasi berkualitas untuk meningkatkan kehangatan dalam pengasuhan pada orangtua sibuk bekerja di KB-TK IT Al-Hikmah. Psikoislamika: Jurnal Psikologi dan Psikologi Islam, 15(2), 12-20.
Sri Haryani. (2001). Komunikasi Bisnis. Yogyakarta: Unit Penerbit.
Thoha, M. (1990). Kepemimpinan dan manajemen (Suatu Pendekatan Perilaku). Sinar Baru: Bandung
Urea, R. (2013). The impact of teachers’ communication styles on pupils’ self-safety throughout the learning process. Procedia-Social and Behavioral Sciences, 93, 164-168
Wahyuni, S. (2014). Hubungan komunikasi interpersonal guru dan siswa dengan motivasi belajar matematika di kelas XI Madrasah Aliyah Swasta Al Azhar Bi Ibadillah Ujung Gading Tahalak (Doctoral dissertation, IAIN Padangsidimpuan.
Wardani, IGAK. (2005). Dasar-Dasar Komunikasi dan Keterampilan Dasar Mengajar. Jakarta: PAU-DIKTI DIKNAS.
Wulandari, W. S. (2016). Meningkatkan kemampuan komunikasi dan motivasi belajar matematika siswa sekolah dasar melalui pembelajaran kooperatif tipe think-pair-share. EduHumaniora| Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 7(2), 198-208.
Yaqinah, S. N. (2014). Implikasi komunikasi interpersonal terhadap perubahan sikap individu. Jurnal Komunike, 6(1), 39-50.