Implementasi Model Pembelajaran NHT Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas III SD
Main Article Content
Keywords
, Hasil belajar, Number Head Together, PKn
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar pada matapelajaran PKn materi mengamalkan makna nilai-nilai sumpah pemuda melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe NHT (Number Head Together) siswa Kelas III. Penelitian dilakukan di SDN 2 Pasarbanggi Rembang pada Semester I tahun ajaran 2018/2019. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subyek penelitian ini adalah 17 peserta didik Kelas III SDN 2 Pasarbanggi. Teknik pengumpulan data dengan teknik tes dan teknik non tes. Teknik tes menggunakan butir soal, sedangkan teknik non tes menggunakan observasi dan dokumentasi. Alat pengumpulan data adalah soal ulangan dan lembar observasi. Teknik analisis data adalah teknik analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar peserta yaitu nilai rata-rata pra siklus 59,4 (47%), siklus I menunjukkan rata-rata sebesar 68,8 (59%) dan siklus II sebesar 84,1 (88%). Adanya peningkatan hasil belajar peserta didik setelah diterapkannya model pembelajaran NHT sebesar 24,7 (41%).
Downloads
Download data is not yet available.
References
Agustina, E., Saputro, A. N. C., & Mulyani, S. (2013). Penggunaan metode pembelajaran jigsaw berbantuan handout untuk meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa pada materi pokok hidrokarbon kelas XC SMA negeri 1 Gubug tahun ajaran 2012/2013. Jurnal Pendidikan Kimia, 2(4), 66-71.
Alie, N. H. (2013). Penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe NHT untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas X2 SMA Neg. 3 Gorontalo pada materi jarak pada bangun ruang. Jurnal Entropi, 8(01).
Amboro, K. (2015). Membangun kesadaran berawal dari pemahaman: Relasi pemahaman sejarah dengan kesadaran sejarah mahasiswa program studi pendidikan sejarah fkip universitas muhammadiyah metro. Jurnal Historia, 3(2). 2
Amrah, A. (2016). Mengulik pengembangan nasionalisme generasi muda di era globalisasi. Publikasi Pendidikan, 6(2).
Departemen Pendidikan Nasional (Depdiknas). (2003). Petunjuk teknis penyelenggaraan mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan. Jakarta: Depdiknas.
Esminarto, E., Sukowati, S., Suryowati, N., & Anam, K. (2016). Implementasi model STAD dalam meningkatkan hasil belajar siwa. BRILIANT: Jurnal Riset dan Konseptual, 1(1), 16-23.
Hamdani (2011). Strategi belajar mengajar. Bandung: Pustaka Setia.
Juliartini, N. M., & Arini, N. W. (2017). Penerapan model pembelajaran nht untuk meningkatkan hasil belajar ipa siswa kelas III. Journal of Education Action Research, 1(3), 240-250.
Muhtarom, H., & Erlangga, G. (2021). Peran nilai-nilai sumpah pemuda dalam membentuk karakter peserta didik di SMAN 18 Jakarta. Criksetra: Jurnal Pendidikan Sejarah, 10(2), 114-128.
Mulyana, M. A., Hanifah, N., & Jayadinata, A. K. (2016). Penerapan model kooperatif tipe numbered heads together (NHT) untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi kenampakan alam dan sosial budaya. Jurnal Pena Ilmiah, 1(1), 331-340.
Permana, E. P. (2016). Penerapan metode pembelajaran kooperatif numbered heads together (NHT) untuk meningkatkan hasil belajar dan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran IPS SD. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 1(2).
Ramdhani, M. A. (2014). Perbandingan strategi pembelajaran teacher centered learning dengan student centered learning terhadap hasil belajar pada mata pelajaran tarikh siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 4 Surakarta (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).
Setiawan, J., & Hadi, R. S. (2018). Nilai-nilai pendidikan karakter dalam materi sejarah kebangkitan nasional. Jurnal Sejarah Dan Budaya, 12(1), 39–48. http://dx.doi.org/10.17977/um020v12i12017p39
Suteja, J., & Cirebon, I. S. N. (2017). Model-model pembelajaran dalam kurikulum berbasis kompetensi kkni di perguruan tinggi. Jurnal Edueksos, 6(1), 81-100.
Tileston, D.W. (2007). Teaching startegies for active learning. California: corwin press
Wati, W., & Fatimah, R. (2016). Effect size model pembelajaran kooperatif tipe numbered heads together (NHT) terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada pembelajaran fisika. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 5(2), 213-222.
Wijayati, N., Kusumawati, I., & Kushandayani, T. (2008). Penggunaan model pembelajaran numbered heads together untuk meningkatkan hasil belajar kimia. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 2(2).
Winataputra, U. (2011). Pembelajaran PKn di SD. Jakarta: Universitas Terbuka Press.
Alie, N. H. (2013). Penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe NHT untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas X2 SMA Neg. 3 Gorontalo pada materi jarak pada bangun ruang. Jurnal Entropi, 8(01).
Amboro, K. (2015). Membangun kesadaran berawal dari pemahaman: Relasi pemahaman sejarah dengan kesadaran sejarah mahasiswa program studi pendidikan sejarah fkip universitas muhammadiyah metro. Jurnal Historia, 3(2). 2
Amrah, A. (2016). Mengulik pengembangan nasionalisme generasi muda di era globalisasi. Publikasi Pendidikan, 6(2).
Departemen Pendidikan Nasional (Depdiknas). (2003). Petunjuk teknis penyelenggaraan mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan. Jakarta: Depdiknas.
Esminarto, E., Sukowati, S., Suryowati, N., & Anam, K. (2016). Implementasi model STAD dalam meningkatkan hasil belajar siwa. BRILIANT: Jurnal Riset dan Konseptual, 1(1), 16-23.
Hamdani (2011). Strategi belajar mengajar. Bandung: Pustaka Setia.
Juliartini, N. M., & Arini, N. W. (2017). Penerapan model pembelajaran nht untuk meningkatkan hasil belajar ipa siswa kelas III. Journal of Education Action Research, 1(3), 240-250.
Muhtarom, H., & Erlangga, G. (2021). Peran nilai-nilai sumpah pemuda dalam membentuk karakter peserta didik di SMAN 18 Jakarta. Criksetra: Jurnal Pendidikan Sejarah, 10(2), 114-128.
Mulyana, M. A., Hanifah, N., & Jayadinata, A. K. (2016). Penerapan model kooperatif tipe numbered heads together (NHT) untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi kenampakan alam dan sosial budaya. Jurnal Pena Ilmiah, 1(1), 331-340.
Permana, E. P. (2016). Penerapan metode pembelajaran kooperatif numbered heads together (NHT) untuk meningkatkan hasil belajar dan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran IPS SD. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 1(2).
Ramdhani, M. A. (2014). Perbandingan strategi pembelajaran teacher centered learning dengan student centered learning terhadap hasil belajar pada mata pelajaran tarikh siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 4 Surakarta (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).
Setiawan, J., & Hadi, R. S. (2018). Nilai-nilai pendidikan karakter dalam materi sejarah kebangkitan nasional. Jurnal Sejarah Dan Budaya, 12(1), 39–48. http://dx.doi.org/10.17977/um020v12i12017p39
Suteja, J., & Cirebon, I. S. N. (2017). Model-model pembelajaran dalam kurikulum berbasis kompetensi kkni di perguruan tinggi. Jurnal Edueksos, 6(1), 81-100.
Tileston, D.W. (2007). Teaching startegies for active learning. California: corwin press
Wati, W., & Fatimah, R. (2016). Effect size model pembelajaran kooperatif tipe numbered heads together (NHT) terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada pembelajaran fisika. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 5(2), 213-222.
Wijayati, N., Kusumawati, I., & Kushandayani, T. (2008). Penggunaan model pembelajaran numbered heads together untuk meningkatkan hasil belajar kimia. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 2(2).
Winataputra, U. (2011). Pembelajaran PKn di SD. Jakarta: Universitas Terbuka Press.