Supervisi Akademik terhadap Kinerja Guru Sekolah Dasar pada Masa Pandemi Covid-19

Main Article Content

Niken Rosalina
Ika Candra Sayekti
Rita Eryani

Keywords

Akademik, Kinerja, Supervisi

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, dan tindak lanjut supervisi akademik yang dilakukan oleh Kepala Sekolah terhadap kinerja guru di SDN 2 Mojoreno selama pandemi pada bulan Februari 2021. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif jenis studi kasus dengan teknik analisis data interaktif. Teknik pengumpulan data meliputi wawancara, observasi, dan dokumentasi. Keabsahan data menggunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Perencanaan supervisi akademik: penentuan pelaksanaan   supervisi selama pandemi dan instrumen supervisi; 2) Pelaksanaan supervisi akademik: dilakukan melalui observasi menggunakan platform zoom meeting dan wawancara menggunakan whatsapp group; 3) Evaluasi supervisi: beberapa guru masih terkendala penggunaan teknologi dalam menerapkan pembelajaran daring, kurang kreatifnya guru dalam memilih media pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran belum sepenuhnya sesuai dengan rancangan pembelajaran; 4) Tindak lanjut supervisi akademik:  pembinaan kinerja guru dalam mengelola pembelajaran virtual di Kelompok Kerja Guru (KKG)  melalui zoom meeting atau whatsapp group. Hasil dari supervisi akademik digunakan sebagai pedoman refleksi dalam meningkatkan kinerja guru.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Al Rasyid, H. (2017). Fungsi kelompok kerja guru (KKG) bagi pengembangan keprofesionalan guru sekolah dasar. Sekolah Dasar: Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan, 24(2), 143–150.
Amanda, M. O., Salam, R., & Saggaf, S. (2017). Pengaruh supervisi kepala sekolah terhadap kinerja guru di SMK Negeri 1 Bungoro kabupaten Pangkep. Prosiding Seminar Nasional Himpunan Sarjana Ilmu-Ilmu Sosial, 2, 149–154.
Chauhan, A., & Sharma, P. (2015). Teacher education and total quality management (TQM). The International Journal of Indian Psychology, 2(2), 80–85.
Fuady, M. J. (2017). Pengembangan aplikasi evaluasi pembelajaran online untuk pendidikan jarak jauh. Tekno, 26(2, 148-154.
Hanief, M. (2016). Menggagas teknik supervisi klinik sebagai upaya peningkatan mutu pembelajaran. Vicratina: Jurnal Pendidikan Islam, 1(2).
Hardono, H., Haryono, H., & Yusuf, A. (2017). Kepemimpinan kepala sekolah, supervisi akademik, dan motivasi kerja dalam meningkatkan kinerja guru. Educational Management, 6(1), 26–33.
Nata, N., & Kaleka, M. B. U. (2020). Meningkatkan kinerja guru melalui supervisi akademik kepala sekolah dengan pendekatan individual di SMPN 7 Nangapanda. OPTIKA: Jurnal Pendidikan Fisika, 4(1), 1–8. doi: 10.37478/optika.v4i1.282.
Paramudita, A. (2019). Teknik supervisi akademik di sekolah islam. Madrasa, 2(1), 1–6.
Prasojo, L. D. (2011). Supervisi pendidikan. Yogyakarta: Gava Media.
Purbasari, M. (2015). Pengaruh supervisi akademik terhadap kinerja mengajar guru di sekolah dasar. Journal of Elementary Education, 4(1), 46–52.
Rohmawati, M. (2019). Supervisi akademik kepala sekolah. Manajer Pendidikan, 13(2), 207–211.
Rozalena, R., & Kristiawan, M. (2017). Pengelolaan pembelajaran paud dalam mengembangkan potensi anak usia dini. JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, Dan Supervisi Pendidikan), 2(1), 76–86. doi: 10.31851/jmksp.v2i1.1155.
Sari, D. M., Surantoro, S., & Ekawati, E. Y. (2013). Analisis kesalahan dalam menyelesaikan soal materi termodinamika pada siswa SMA. Jurnal Materi Dan Pembelajaran Fisika, 3(1), 1–7.
Suhayati, I. Y. (2013). Supervisi akademik kepala sekolah, budaya sekolah dan kinerja mengajar guru. Jurnal Administrasi Pendidikan, 17(1), 86-95. doi: 10.17509/jap.v17i1.6435.
Suradi, A. (2018). Supervisi akademik kepala sekolah terhadap kinerja guru pendidikan agama islam di sekolah dasar negeri 79 kota Bengkulu. Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 5(1), 13–29.
Susanto, A. (2016). Konsep, strategi, dan implementasi manajemen peningkatan kinerja guru. Jakarta: Prenadamedia Group.
Suwartini, E. A. (2017). Supervisi akademik kepala sekolah, profesionalisme guru dan mutu pendidikan. Jurnal Administrasi Pendidikan, 24(2), 62–70. doi: 10.17509/jap.v24i2.8294.
Tanjung, H. S., & Nababan, S. A. (2018). Pengembangan perangkat pembelajaran matematika berorientasi model pembelajaran berbasis masalah (PBM) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa SMA Se-Kuala Nagan Raya Aceh. Genta Mulia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 9(2), 56-70.
Tiara, S. K., & Sari, E. Y. (2019). Analisis teknik penilaian sikap sosial siswa dalam penerapan kurikulum 2013 di SDN 1 Watulimo. EduHumaniora| Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 11(1), 21–30. doi: 10.17509/eh.v11i1.11905.
Trinova, Z. (2012). Hakikat belajar dan bermain menyenangkan bagi peserta didik. Al-Ta Lim Journal, 19(3), 209–215. doi: 10.15548/jt.v19i3.55.
Umar, U. (2017). Media pendidikan: Peran dan fungsinya dalam pembelajaran. Tarbawiyah: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 11(01), 131–144.
Waluya, J. (2013). Supervisi pendidikan pada sekolah dasar. Pedagogik (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar), 1(1), 34–42.
Yazdani, F. (2015). Investigation about teachers’ and managers’ view about annual evaluation system of teachers’ performance in iran. Creative Education, 6(14), 1523. doi: 10.4236/ce.2015.614152
Zulfakar, Z., Lian, B., & Fitria, H. (2020). Implementasi supervisi akademik dalam meningkatkan kinerja guru. JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, Dan Supervisi Pendidikan), 5(2), 230–244. doi: 10.31851/jmksp.v5i2.3833.