Peningkatan Kompetensi Guru Menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Melalui Workshop

Main Article Content

parlan parlan

Keywords

Kompetensi, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Workshop

Abstract

Kualitas kerja guru dapat tergambarkan dari kompetensinya dalam mengajar. Acuan yang digunakan guru dalam mengajar harus di rancang dalam suatu rancangan rencana pelaksanaan mengajar (RPP). Namun, belum semua guru memiliki kompetensi dalam merancang RPP, sehingga dalam mengajarnya kurang sesuai dengan capaian pembelajaran dan pembelajarannya pun kurang efektif, hal ini berdampak pada kompetensi yang harus dimiliki setiap peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan kompetensi guru dalam merancang RPP melalui workshop di SDN 2 Kutoharjo. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Sekolah (PTS). Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling, yaitu guru yang memiliki kompetensi yang kurang dalam merancang RPP, terdiri dari 9 orang Guru Kelas. Waktu penelitian ini tiga bulan, yaitu bulan Oktober sampai bulan Desember. Sumber data penelitian adalah dokumen RPP. Teknik pengumpulan data penelitian adalah non tes dengan observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data penelitian adalah deskriptif komparatif. Hasil penelitian ini adalah kompetensi Guru Kelas menyusun RPP melalui workshop di SDN 2 Kutoharjo Semester I Tahun Pelajaran 2019/2020 meningkat dari kategori Cukup (C) menjadi kategori Amat Baik (A).

References

Affandi, L. H., Ermiana, I., Khairunnisa, K., Witono, H., & Widiada, I. K. (2018). Workshop penyusunan rencana pembelajaran inovatif berbasis lesson study bagi guru SDN 12 Ampenan. Jurnal Pendidikan dan Pengabdian Masyarakat, 1(1).
Azhari. (2014). Upaya kepala madrasah dalam membina kompetensi Profesional Guru pada MAN Peusangan. Theses. Banda Aceh: Universitas Syiah Kuala. Retrieved from http://etd.unsyiah.ac.id/index.php?p=show_detail&id=7281
Bestary, R. (2018). Modul manajemen implementasi kurikulum 2013, jenjang SD. Jakarta: Dirjen GTK, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Detik news. (2017). Mengkritisi kompetensi guru. Retrieved from: https://news.detik.com/kolom/d3741162/mengkritisi-kompetensi-guru,
Haryanti, P. (2019). Upaya kepala sekolah dalam membina kompetensi profesional guru di SMK Ma’arif NU Limpung Kabupaten Batang (Doctoral dissertation, IAIN Pekalongan).
Isman, A. (2011). Instructional design in education: New model. Turkish Online Journal of Educational Technology - TOJET, 10(1), 136–142.
Mulyasa, E. (2007). Standar kompetensi dan sertifikasi guru. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Nuryani, D., Handayani, I. 2020. Kompetensi guru di era 4.0 dalam meningkatkan mutu pendidikan. prosiding seminar nasional pendidikan program pascasarjana universitas PGRI Palembang.
Sahertian, P. dan Mataheru, F. (1981). Prinsip dan teknik supervisi pendidikan. Surabaya: Usaha Nasional.
Sanjaya, W. (2008). Kurikulum dan pembelajaran teori dan praktik pengembangan kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana
Seel, N. M., Lehmann, T., Blumschein, P., & Podolskiy, O. A. (2017). What is Instructional Design? Instructional Design for Learning, 1–17. https://doi.org/10.1007/978-94-6300-941-6_1
Subegjo, E. (2020). Peningkatan kompetensi guru menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran integratif. Dinamika Pendidikan, 10(3).
Sukoyo, J. (2013). Peningkatan kompetensi guru melalui workshop penyusunan soal digital bahasa jawa dengan menggunakan program adobe captivate. Rekayasa: Jurnal Penerapan Teknologi dan Pembelajaran, 11(2), 133-138.
Zendrato, J. (2016). Tingkat penerapan rencana pelaksanaan pembelajaran dalam pelaksanaan pembelajaran di kelas suatu studi kasus di SMA Dian Harapan Jakarta. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 6(2), 58-73.
Zukmadini, A. Y., Karyadi, B., & Rochman, S. (2021). Peningkatan kompetensi guru melalui workshop model integrasi terpadu literasi sains dan pendidikan karakter dalam pembelajaran IPA. Publikasi Pendidikan, 11(2), 107-116.