Analisis Pembelajaran Daring Selama Pandemi Covid-19 di Sekolah Dasar Surakarta

Main Article Content

Apriyana Yesy Tania

Keywords

Abstract

Pembelajaran daring pada masa pandemi Covid-19 membuat guru harus memutar otak untuk berinovasi dan kreatif dalam menyalurkan pengetahuan kepada peserta didik dengan berbagai cara. Penelitian ini dilakukan pada bulan Februari 2021 di SD Muhammadiyah 1 Ketelan Surakarta. Tujuan penelitian ini: 1) mengetahui implementasi strtegi pembelajaran daring di era pandemi COVID 19 pada sekolah dasar; 2) mengetahui kesulitan yang dialami guru selama menerapkan pembelajaran daring di era pandemi COVID 19 pada sekolah dasar. Subjek penelitian ini adalah guru wali kelas IIID. Jenis penelitian ini merupakan studi kasus. Teknik pengumpulan data melalui wawancara terstruktur, observasi dan dokumentasi. Keabsahan data menggunakan trianggulasi data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Hasil penelitian ini yaitu:1) Pembelajaran daring dilaksanakan sesuai kebijakan sekolah melalui zoom meeting setiap hari pada pukul 08.00-10.45 cukup efektif, hal ini dibuktikan berdasar nilai tengah semester yang menunjukkan rata-rata diatas batas minimum; 2) Kendala yang dialami selama pembelajaran daring di kelas adalah tidak optimalnya guru dalam menjelaskan materi, kendala signal dan masih ada beberapa peserta didik yang belum memiliki HP pribadi untuk mengikuti pembelajaran daring melalui zoom meeting dikarenakan HP dibawa oleh orangtua, sehingga guru selalu memberikan rekaman zoom meeting dan materi dalam bentuk file.

References

Abidah, A., Hidaayatullaah, H. N., Simamora, R. M., Fehabutar, D., & Mutakinati, L. (2020). The impact of covid-19 to indonesian education and its relation to the philosophy of “merdeka belajar”. Studies in Philosophy of Science and Education, 1(1), 38-49.
Alaby, M. A. (2020). Media sosial whatsapp sebagai media pembelajaran jarak jauh mata kuliah ilmu sosial budaya dasar (ISBD). Ganaya: Jurnal Ilmu Sosial dan Humaniora, 3(2), 273-289.
Anggianita, S., Yusnira, Y., & Rizal, M. S. (2020). Persepsi guru terhadap pembelajaran daring di sekolah dasar negeri 013 Kumantan. Journal of Education Research, 1(2), 177-182.
Asmuni, A. (2020). Problematika pembelajaran daring di masa pandemi covid-19 dan solusi pemecahannya. Jurnal Paedagogy, 7(4), 281-288.
Daheri, M., Juliana, J., Deriwanto, D., & Amda, A. D. (2020). Efektifitas whatsapp sebagai media belajar daring. Jurnal Basicedu, 4(4), 775-783.
Dewi, W. A. F. (2020). Dampak covid-19 terhadap implementasi pembelajaran daring di sekolah dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 55-61.
Ismawati, D., & Prasetyo, I. (2020). Efektivitas pembelajaran menggunakan video zoom cloud meeting pada anak usia dini era pandemi covid-19. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 665-675.
Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No.4 Tahun 2020. Pelaksanaan kebijakan pendidikan dalam masa darurat penyebaran coronavirus disease (COVID-19). Surat Edaran dari Kementerian RI, 2020. Retrieved from https://pusdiklat.kemdikbud.go.id/surat-edaran-mendikbud-no-4-tahun-2020-tentang-pelaksanaan-kebijakan-pendidikan-dalam-masa-darurat-penyebaran-corona-virus-disease-covid-1-9/
Kumar, V., & Nanda, P. (2019). Social media in higher education: A framework for continuous engagement. International Journal of Information and Communication Technology Education (IJICTE), 15(1), 97-108.
Muhammad, H. (2020). Menyiapkan pembelajaran di masa pandemi: Tantangan dan peluang. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Mustopa, A. J. M. J., & Hidayat, D. (2020). Pengalaman mahasiswa saat kelas online menggunakan aplikasi zoom cloud meeting selama covid-19. Journal Digital Media & Relationship, 2(2), 75-84.
Naserly, M. K. (2020). Implementasi zoom, google classroom, dan whatsapp group dalam mendukung pembelajaran daring (online) pada mata kuliah bahasa inggris lanjut (studi kasus pada 2 kelas semester 2, jurusan administrasi bisnis, fakultas ekonomi dan bisnis, universitas bina sa. Aksara Public, 4(2), 155-165.
Pakpahan, R., & Fitriani, Y. (2020). Analisa pemanfaatan teknologi informasi dalam pembelajaran jarak jauh di tengah pandemi virus corona covid-19. Journal of Information System, Applied, Management, Accounting and Research, 4(2), 30-36.
Rachman, T. A., Latipah, E., & Erihadiana, M. (2021). Evaluasi penggunaan aplikasi zoom meeting dalam program tahfizh al-qur’an di sd khoiru ummah cianjur. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran Guru Sekolah Dasar (JPPGuseda), 4(1), 01-06.
Rigianti, H. A. (2020). Kendala pembelajaran daring guru sekolah dasar di kabupaten Banjarnegara. Elementary School: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Ke-SD-an, 7 (2), 297–302.
Sandiwarno, S. (2016). Perancangan model e-learning berbasis collaborative video conference learning guna mendapatkan hasil pembelajaran yang efektif dan efisien. Jurnal Ilmiah FIFO, 8(2), 191.
Saputra, M., Arsyi, M., Nurhanifah, N., Octavia, S. N., & Pratomo, H. (2020). Evaluasi pedoman penanganan cepat medis dan kesehatan masyarakat tentang coronavirus disease (covid-19) di indonesia. Jurnal Ilmiah Ilmu Keperawatan Indonesia, 10(02), 8-17.
Sidiq, U., Choiri, M., & Mujahidin, A. (2019). Metode penelitian kualitatif di bidang pendidikan. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9).
Silahuddin, S. (2015). Penerapan e-learning dalam inovasi pendidikan. CIRCUIT: Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik Elektro, 1(1).
Sri, K. U., & Krishna, T. V. (2014). E-learning: technological development in teaching for school kids. International Journal of Computer Science and Information Technologies, 5(5), 6124-6126.
Suhery, S., Putra, T. J., & Jasmalinda, J. (2020). sosialisasi penggunaan aplikasi zoom meeting dan google classroom pada guru di sdn 17 mata air padang selatan. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(3), 129-132.
Walker, P., Whittaker, C., Watson, O., Baguelin, M., Ainslie, K., Bhatia, S., ... & Ghani, A. (2020). Report 12: The global impact of covid-19 and strategies for mitigation and suppression.
Yuzar, D. N. (2020). Penyakit menular dan wabah penyakit covid-19. Retrieved from https://osf.io/5bqvw