Eksplorasi Lesson Study pada Mahasiswa Calon Guru Sekolah Dasar di Perguruan Tinggi Islam Negeri Surakarta

Main Article Content

Dita Purwinda Anggrella
Amining Rahmasiwi
Erlinda Rahma Dewi https://orcid.org/0000-0003-3007-7319

Keywords

Eksplorasi, Lesson Study, Strategi Pembelajaran

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan Lesson Study (LS) mahasiswa pada matakuliah strategi pembelajaran MIPA. LS dilaksanakan oleh mahasiswa PGMI IAIN Surakarta semester 5. Jenis penelitian ini merupakan penelitian eksploratif dalam bentuk LS yang dilakukan pada bulan November 2019. Teknik pengumpulan data berupa observasi untuk kegiatan LS, dan kuesioner untuk mengetahui pendapat mahasiswa terkait LS yang disebarkan melalui google form dan dianalisis secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan sebelum dilakukannya LS, 56,7% responden cenderung menghafal berbagai model pembelajaran pada matakuliah strategi pembelajaran MIPA. Penerapan LS siklus I menunjukkan adanya kesulitan yang dialami 70% responden karena masih belum terbiasanya dalam mempersiapkan, melaksanakan, mengamati, dan menganalisis pengajaran. Setelah dilakukan LS pada siklus II, 83,3%  responden menyatakan LS sangat menyenangkan dan menarik untuk memahami karakter pembelajaran di kelas, 100% responden setuju apabila matakuliah strategi pembelajaran MIPA diterapkan dengan LS karena menurut 96,7% responden, LS dapat melatih mengembangkan pembelajaran yang inovatif, dan dapat langsung mengimplentasikan berbagai model pembelajaran, sehingga tidak hanya menghafal konsep.

References

Agoestanto, A. (2012). Meningkatkan kualitas pembelajaran pada mata kuliah pengantar probabilitas melalui lesson study dengan pengajaran berbalik secara team. Kreano: Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 3(1), 39–48. doi: 10.15294/kreano.v3i1.2611.
Borg, S. (2015). Teacher cognition and language education: Research and practice. Bloomsbury Publishing.
Coenders, F., & Verhoef, N. (2019). Lesson study: Professional development (PD) for beginning and experienced teachers. Professional Development in Education, 45(2), 217–230. doi: 10.1080/19415257.2018.1430050.
Dewey, J. (1993). How we think: A re-statement of the relation of reflective thinking to the education process. Boston: D. C. Heath.
Erna, M., Tejawati, D., Achmadi, A., Manalu, L. F., & Desvita, M. E. (2016). Lesson study sebagai learning community untuk meningkatkan kompetensi profesionalitas peserta program pendidikan profesi guru kimia FKIP Universitas Riau. Jurnal Pendidikan Kimia Universitas Riau, 1(2), 34-43. doi: 10.33578/jpk-unri.v1i2.4023.
Freeman, D. (2016). Educating second language teacher. Oxford, England: Oxford University Press.
Inprasitha, N. (2014). Inprasitha, N. (2014). Perceptions on professional development of supervisors in the non-project and project schools using Lesson Study. Procedia-Social and Behavioral Sciences, 116, 2069-2073.
Johnson, K. E. (2009). Second language teacher education: A sociocultural perspective. New York: Routledge.
Klammer, S., & Hanfstingl, B. (2019). A first time lesson study that turned into a learning study. International Journal for Lesson and Learning Studies, 8(4), 305–319. doi: 10.1108/IJLLS-04-2019-0029.
Lewis, C. C. (2002). Lesson study: A handbook of teacher-led instructional change. Philadelphia, Pennsylvania: Research for Better Schools.
Lewis, C., Friedkin, S., Emerson, K., Henn, L., & Goldsmith, L. (2019). How does lesson study work? Toward a theory of lesson study process and impact. In Theory and practice of lesson study in mathematics (pp. 13-37). Springer, Cham. doi: 10.1007/978-3-030-04031-4_2.
Manrulu, R. H., & Sari, D. N. (2015). Efektivitas kegiatan lesson study dalam merancang pembelajaran pada mata kuliah gelombang dan optik. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 4(2), 231-241. doi: 10.24042/jpifalbiruni.v4i2.95.
Mark, W., & Ager, E. O. (2017). Teachers’ cognitions regarding continuing professional development. ELT Journal, 71(2), 171–185. doi: 10.1093/elt/ccw059.
Murtafiah, W. (2016). Peningkatan kemampuan mengembangkan perangkat pembelajaran mahasiswa calon guru matematika pada mata kuliah microteaching melalui lesson study. Jurnal Edukasi, 2(1), 1-14.
Ogegbo, A. A., Gaigher, E., & Salagaram, T. (2019). Benefits and challenges of lesson study: A case of teaching physical sciences in South Africa. South African Journal of Education, 39(1), 1–9. doi: 10.15700/saje.v39n1a1680.
Rahmah, N. (2018). Belajar bermakna ausubel. Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 1(1), 43–48. doi: 10.24256/jpmipa.v1i1.54.
Setyowati, L. (2017). Implementasi lesson studi untuk meningkatkan kualitas pengajaran di stkip pgri pasuruan ta 2014-2015. Jurnal Ilmiah Edukasi & Sosial, 5(1), 55-65.
Sugandi, E. (2019). Upaya meningkatkan kompetensi guru melalui supervisi akademik dan lesson study. Edutech, 18(1), 102-120. doi: 10.17509/e.v18i1.15034
Sulisworo, D. (2016). The contribution of the education system quality to improve the nation’s competitiveness of Indonesia. Journal of Education and Learning (EduLearn), 10(2), 127–138. doi: 10.11591/edulearn.v10i2.3468.
Susilo, H. (2013). Lesson study sebagai sarana meningkatkan kompetensi pendidik. In Seminar dan Lokakarya PLEASE 2013 di Sekolah Tinggi Theologi Aletheia Jalan Argopuro 28-34.
Tanış, A., & Dikilitaş, K. (2018). Turkish EFL instructors’ engagement in professional development. Eurasian Journal of Applied Linguistics, 4(1), 27–47. doi: 10.32601/ejal.460628.
Uştuk, Ö., & Costa, P. I. D. (2021). Reflection as meta-action: Lesson study and EFL teacher professional development. TESOL Journal, 12(531), 1–16. doi: 10.1002/tesj.531.
Verhoef, N. C., & Tall, D. O. (2011). Lesson study: The effect on teacher’s professional development. In Proceedings of the 35th Conference of the International Group for the Psychology of Mathematics Education, 4, 297-304.
Wiharto, M. (2017). Kegiatan lesson study dalam pembelajaran. FGD-Pengayaan Pengembangan Kurikulum Pendidikan Tinggi. Kementrian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi, 22-30.
Wulandari, B., Arifin, F., & Irmawati, D. (2015). Peningkatan kemampuan kerjasama dalam tim melalui pembelajaran berbasis lesson study. Elinvo (Electronics, Informatics, and Vocational Education), 1(1), 9-16. doi: 10.21831/elinvo.v1i1.12816.
Zunaidah, F. N. (2016). Meningkatkan kompetensi calon guru melalui kegiatan microteaching berbasis lesson study (LS) mahasiswa pendidikan biologi. EFEKTOR, 1(1), 21–24. doi: 10.29407/e.v3i2.487.