Teacher's Efforts in Practicing Beginning Writing Skills for Elementary Level Students Using the Drill Method

Main Article Content

Setiaji Nur Zaman
Pratiwi Rahmah Hakim

Keywords

Drill Method; Learning Challenges; Learning Innovation; Writing skills

Abstract

The implementation of the drill method is a form of effort made by the teacher to train students' skills in learning initial writing skills. The low writing skills of first-grade students are a challenge for a teacher, so a learning innovation using the drill method is needed to train students in properly and correctly composing words or sentences. The purpose of this study was to determine the implementation of the drill method in learning this beginning writing skill for class 1C students at MI Al Islam, conducted from February to May 2021. This research used a qualitative descriptive type approach. The subjects of this study were class 1C teachers, and the informants of this study were class 1C students and the head of MI. Data was obtained through observation, interviews, and documentation. The data validation technique uses source, technical, and theory triangulation. Meanwhile, analyse the data in this study using data collection, reduction, presentation, and conclusion. Implementing the drill method through repeated exercises can train students' initial writing skills, because it can stimulate their memory abilities

References

Afrianti, A. (2017). Upaya peningkatan kemampuan menyampaikan isi berita di surat kabar melalui metode drill siswa kelas VI SD Negeri 011 Pagaran Tapah Darussalam. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(1), 98–105. https://doi.org/10.33578/jpfkip.v6i1.4093
Almadiliana, Heri, H. S., & Heri, S. (2021). Hubungan antara kemampuan membaca pemahaman dengan menyelesaikan soal cerita matematika siswa kelas IV. Jurnal Pendidikan Dasar, 1(2), 57–65. https://jurnal.educ3.org/index.php/pendagogia/article/view/9
Alvita, A., & Airlanda, G. S. (2021). Pengembangan flashcard untuk meningkatkan keterampilan menulis permulaan pada siswa kelas I mata pelajaran bahasa inggris di sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 5(6), 5712–5721. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1686
Ariyani, L. D. (2019). Pengaruh penggunaan metode drill terhadap tingkat pemahaman dan daya ingat siswa dalam pembelajaran kosakata bahasa arab di kelas 2 MI sabilil islam ketandan madiun tahun ajaran 2018/2019. [Thesis, IAIN Ponorogo]. IAIN Ponorogo Repository. http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/7025
Astuti, Y. (2018). Pengaruh metode drill terhadap keterampilan bermain bolavoli mini pada siswa sekolah dasar. Curricula, 3(1), 53–71. https://doi.org/10.22216/jcc.2018.v3i1.1928
Christianti, M. (2015). Membaca dan menulis permulaan untuk anak usia dini. In Jurnal Pendidikan Anak 2(2), 312–317. https://doi.org/10.21831/jpa.v2i2.3042
Duhaniar, D. (2020). Evaluasi metode drill dan metode experimental terhadap peningkatan kemampuan peserta didik dalam menulis huruf hijaiyyah bersambung pada mata pelajaran baca tulis al-qur’an di kelas 3 SD [Thesis, Institut Agama Islam Muhammadiyah Sinjai]. IAIN Sinjai Repository. http://repository.iaimsinjai.ac.id/id/eprint/338/
Elly, E., Abdulssamad, A., & Kresnadi, H. (2013). Peningkatan kemampuan berbicara melalui metode drill pada pembelajaran bahasa indonesia kelas IV sekolah dasar Usaba Sepotong. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 2(8), 1–7. https://doi.org/10.26418/jppk.v2i8.2906
Fahrurrozi, F., Sari, Y., & Shalma, S. (2022). Studi literatur: Implementasi metode drill sebagai peningkatan hasil belajar matematika siswa sekolah dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(3), 4325–4336. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i3.2800
Fauziah, H. (2018). Upaya guru dalam mengembangkan kemampuan membaca menulis permulaan siswa kelas I MI. Elementary: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 4(2), 173. https://doi.org/10.32332/elementary.v4i2.1241
Gunawan, P. N., & Heryanto, D. (2019). Metode drill untuk meningkatkan kemampuan menulis permulaan berdasarkan PUEBIDI sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Guru Dan Sekolah Dasar, 4(2), 284–292. https://doi.org/10.17509/jpgsd.v4i2.20558
Herliana, I. C., Kurniasih, K., & Heryanto, D. (2019). Penerapan metode drill untuk meningkatkan keterampilan menulis permulaan siswa kelas II SD. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 4(3), 155–166. https://doi.org/10.17509/jpgsd.v4i3.22916
Khoirunisa, K., Prastowo, A., & Fatimah, S. (2021). Pembelajaran berbasis teknologi model drill and practice untuk meningkatkan hasil belajar pada pelajaran matematika di sekolah dasar. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 4(8), 942–948. https://doi.org/10.54371/jiip.v4i8.372
Mulyati, Y. (2015). Keterampilan berbahasa indonesia SD. In Book Section (pp. 1–34). Praba UT. http://repository.ut.ac.id/id/eprint/3978
Natalita, R. K., Situngkir, N., & Rabbani, S. (2019). Meningkatkan keterampilan menulis tegak bersambung dengan menggunakan metode drill pada siswa kelas 1 SD. Journal of Elementary Education, 02(January), 18–25. https://doi.org/10.22460/collase.v2i1.3084
Nawi, A. R., Rahmawati, N. K., & Iswadi, I. (2019). Penerapan hasil belajar matematika menggunakan metode drill dan resitasi pada materi bangun datar segitiga. Buana Matematika : Jurnal Ilmiah Matematika Dan Pendidikan Matematika, 9(1), 13–18. https://doi.org/10.36456/buanamatematika.v9i1:.1978
Ningsih, I. H. (2019). Peran guru dalam pembelajaran menulis permulaan menghadi abad 21. BASINDO : Jurnal Kajian Bahasa, Sastra Indonesia, Dan Pembelajarannya, 3(1), 38–43. https://doi.org/10.17977/um007v3i12019p038
Nurhasanah. (2020). Metode drill dalam perencanaan pembelajaran matematika di sekolah dasar. Edarxiv, 1–18. https://doi.org/10.17977/um007v3i12019p038
Nuryamah, I., Sunarya, D. T., & Irawati, R. (2016). Upaya meningkatkan keterampilan menulis permulaan dalam melengkapi cerita rumpang menggunakan media gambar dan papan bergaris. Jurnal Pena Ilmiah, 1(1), 761–770. https://doi.org/10.17509/jpi.v1i1.3566
Partini, P. (2019). Penerapan metode drill untuk meningkatkan hasil belajar passing bawah bola voli siswa kelas V sekolah dasar. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia): Jurnal Ilmiah Pendidikan, 5(1), 123–130. https://doi.org/10.20961/jpi.v5i1.33820
Rahayu, J. R. (2021). Metode drill untuk meningkatkan kemampuan menulis huruf kapital pada siswa sekolah dasar kelas. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(3), 1026–1033. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i3.1332
Rahmawati, T. A. (2018). Analisis metode drill pada mata pelajaran matematika kelas 3 di SD 1 moyoketen kecamatan boyolangu kabupaten tulungagung tahun pelajaran 2017/2018. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Anak Sekolah Dasar, 04(2), 87–96. http://www.jurnal.stkippgritulungagung.ac.id/index.php/pena-sd/article/view/945
Redasi, L. (2021). Penerapan metode drill untuk meningkatkan hasil belajar matematika pada siswa kelas V sekolah dasar. Journal for Lesson and Learning Studies, 4(3), 296–301. https://doi.org/10.23887/jlls.v4i3.40038
Suardiana, I. M. (2021). Metode drill untuk meningkatkan hasil belajar matematika pada siswa kelas IV SD. Journal of Education Action Research, 5(4), 542. https://doi.org/10.23887/jear.v5i4.39476
Suhandi, D. Y., Ibrahim, M. Y. ;, & Budjang, G. (2013). Efektivitas penggunaan metode diskusi pada mata pelajaran sosiologi di SMA Negeri 2 Sungai Ambawang. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(9), 11. https://doi.org/10.26418/jppk.v2i9.3129
Sukirman, S. (2020). Tes kemampuan keterampilan menulis dalam pembelajaran bahasa indonesia di sekolah. Jurnal Konsepsi, 9(2), 1–10. https://p3i.my.id/index.php/konsepsi/article/view/42
Thomas, L. J. G., Gerde, H. K., Piasta, S. B., Logan, J. A. R., Bailet, L. L., & Zettler-Greeley, C. M. (2020). The early writing skills of children identified as at-risk for literacy difficulties. Early Childhood Research Quarterly, 51. https://doi.org/10.1016/j.ecresq.2020.01.003
Utami, A. T. (2017). Penerapan metode drill berbasis media gambar untuk meningkatkan keterampilan menulis tegak bersambung siswa kelas II sekolah dasar. [Thesis, Universitas Pendidikan Indonesia]. UPI Repository. http://repository.upi.edu/31418/
Wulandari, S. (2020). Pengaruh penggunaan metode drill terhadap kemampuan menggali informasi dari dongeng peserta didik kelas II sekolah dasar. Journal of Basic Education Research, 1(1), 01–06. https://doi.org/10.37251/jber.v1i1.6
Yarmi, G. (2017). Pembelajaran menulis di sekolah dasar. Perspektif Ilmu Pendidikan, 31(1), 1. https://doi.org/10.21009/pip.311.1
Zubaidah, S. (2016). Keterampilan abad ke-21: Keterampilan yang diajarkan melalui pembelajaran. Seminar Nasional Pendidikan, December 2016, 1–17. https://www.researchgate.net/publication/318013627_KETERAMPILAN_ABAD_KE-21_KETERAMPILAN_YANG_DIAJARKAN_MELALUI_PEMBELAJARAN